Muna

Mubar Siap Sukseskan Tahun Gula 2018

BUTONPOS.COM, MUBAR – Di bawah Kepemimpinan LM Rajiun Tumada, sebagai Bupati dan Achmad Lamani sebagai Wakil Bupati, Muna Barat (Mubar) terus menunjukan kemajuannya. Bahkan para investor mulai melirik daerah yang baru mekar 3 tahun lalu ini sebagai ladang investasi.

Mulai tahun 2017 ini, salah satu perusahaan tebu akan berinvestasi di Mubar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hanya menyiapkan lahan seluas 400 hektar untuk penanaman tebu. Nantinya, juga akan dibangunkan pabrik gula, untuk mengolah tanaman itu menjadi gula utuh.

“Januari 2018 sudah akan mulai action. Sekarang sementara penyelesaian lahan antara pihak perusahaan dengan masyarakat. Lokasinya di Desa Latompe, Kecamatan Lawa,” ungkap Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada.

Kata dia, program ini dari pemerintah pusat, dalam rangka menuju tahun gula 2018. Masyarakat lokal sebagai tenaga pekerja, kerja sama dengan pihak perusahaan. Soal lahan sudah tidak ada masalah.

“Pabrik gula ini sangat menguntungkan. Membuka lapangan pekerjaan, karena akan menampung 10 ribu orang tenaga. Tentu kita prioritaskan dulu masyarakat lokal atau dari desa itu. Nanti kekurangannya baru kita ambil dari luar,” katanya.

Menariknya lanjut mantan Kasat Pol PP Sultra ini, pembukaan lahan tebu ini dibarengi dengan pendirian pabriknya, sehingga langsung produksi. “Boleh juga masyarakat menanam sendiri tebu, nanti dijual di perusahaan,” ujarnya.

Selain menciptakan lapangan kerja kedepan, ada sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pemkab nanti bisa memungut pajak dari hasil perusahaan. Makanya, Ketua Lemkari Sultra ini mengajak seluruh elemen masyarakat Mubar untuk mendorong terwujudnya pabrik gula tersebut.

“Dengan keberadaan pabrik gula ini, menandakan bahwa tebu akan menjadi komoditi unggulan di Mubar. Kalau sudah berhasil pabrik ini, pasti Mubar akan dilirik terus oleh para investor lainnya,” tandasnya. (p5)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker