Baubau

Mutasi Sekwan, Pemkot Baubau Dianggap Cederai Muruah Lembaga Legislatif

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Pemutasian jabatan Sekretaris DPRD Kota Baubau, Wa Radja, Senin (18/3) menuai polemik.

Pemkot Baubau dianggap tidak menghargai lembaga legislatif. Sebab, dalam tata tertib DPRD pasal 190 ayat (4) mengatur bahwa Sekwan diangkat dan diberhentikan dengan keputusan Wali Kota atas persetujuan pimpinan DPRD setelah berkonsultasi dengan pimpinan fraksi.

Namun Pemkot hanya mengirimkan surat tembusan ke DPRD, tanpa menunggu hasil rapat dan persetujuan pimpinan.

“Saya sebagai unsur pimpinan DPRD, lagi-lagi tidak mempersoalkan individu seorang Wa Radja sebagai mantan sekwan, tetapi yang menjadi persoalan adalah jabatan Sekwan, karena ada mekanisme yang mengatur jabatan tersebut. Dan mekanisme itu yang diabaikan oleh pemerintah karena hanya dengan mengirim surat tembusan telah dianggap bahwa mekanisme sudah terpenuhi,” kata Wakil Ketua DPRD Baubau, La Bara kepada Publiksatu.com.

Politisi PBB juga itu menyayangkan statement yang disampaikan oleh Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse yang menyebutkan bahwa rotasi jabatan tersebut sudah sesuai ketentuan yang berlaku.

“Saya sebagai unsur pimpinan DPRD Kota Baubau sangat menyayangkan steatmen yg disampaikan oleh Wakil Wali Kota Baubau yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD kota Baubau yang paham betul tata tertib dewan termasuk makna colectif colegial,” cetus La Bara.

Terkait persoalan ini DPRD akan menggelar rapat internal untuk menindaklanjuti hal tersebut yang dianggap mencederai muruah dan kewibawaan DPRD secara kelembagaan.

DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di daerah diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang otonomi daerah. Jadi, kata La Bara, DPRD bukanlah seremoni apalagi hanya sebagai penggembira.

Untuk diketahui, Wa Radja dirotasi menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin (18/3) kemarin. Posisi Sekwan untuk sementara dijabat Kabag Umum DPRD Baubau Yaya Wirayahman sebagai pelaksana tugas. (ps)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker