Muna

Ogah Buat Surat Pengunduran Diri, Dua CPNS Muna tak Bisa Diganti

PUBLIKSATU.COM, MUNA – Dua Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNSD) Kabupaten Muna dari formasi perencanan ahli dan guru agama yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Otomatis kedua formasi itu bila tidak dilakukan pergantian maka akan kosong. Daerah pun akan rugi.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, Rustam menerangkan, proses pergantian CPNS yang TMS bisa saja dilakukan. Namun, ada mekanisme yang harus dilalui. Berdasarkan hasil konsultasi di KemenPAN-RB untuk melakukan pergantian disarankan agar kedua CPNS tersebut membuat pernyataan pengunduran diri secara tertulis. Namun sayangnya kedua CPNS ogah membuat surat pengunduran diri itu. “Kita sudah panggil, tapi mereka tidak mau buat surat pengunduran diri. Resikonya, dua formasi itu terpaksa kosong alias tidak bisa diganti,” ungkapnya.

BKPSDM sebenarnya telah mengusahakan agar keduanya tidak dinyatakan TMS. Namun, keduanya tidak mau mengikuti apa yang disarankan. Untuk formasi perencanaan ahli, yang bersangkutan tidak melakukan pemberkasan hingga batas waktu yang ditentukan. Kemudian, formasi guru agama, berdasarkan hasil temuan, status yang bersangkutan merupakan istri ke dua. “Kita sudah coba untuk klarifikasi, tapi yang bersangkutan tidak datang-datang,” terangnya.

Agar persoalan tersebut makin terang, pihaknya akan kembali melakukan koordinasi pada KemenPAN-RB bahwasanya kedua CPNS itu tidak mau membuat surat pernyataan pengunduran diri. “Tergantung KemenPAN-RB. Intinya, Kita tidak mau bolanya mati di BKPSDM,” ujarnya.

Saat ini, 262 CPNS tengah mengikuti masa orientasi yang akan berlangsung hingga terbitnya Nomor Induk Pegawai (NIP). Setelah orientasi dilanjutkan dengan prajabatan. (cr1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker