Buteng

Panitia Pilkades Serentak di Buteng Mulai Dibentuk

PUBLIKSATU.COM, BUTON TENGAH – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak akan kembali digelar Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Pemkab Buteng) tahun 2019 ini. Dari 67 desa yang ada, sebanyak 35 desa akan mengikuti Pilkades serentak yang ditargetkan dilaksanakan Juli mendatang.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) sendiri sudah membentuk panitia tingkat kabupaten dan tinggal dikonsultasikan kepada bupati untuk mendapatkan persetujuan. “Sebenarnya Senin kemarin sudah kita konsultasikan, tapi ada koreksi sedikit dari bupati untuk kita perbaiki kembali,” ungkap Plt Kadis PMD Armin kepada media ini, Rabu (15/5/2019).

Koreksi tersebut sudah diperbaiki pihaknya dan akan diajukan kembali setelah bupati pulang dari dinas luar daerah. Setelah disetujui dan di-SK-kan bupati, maka panitia yang sudah dibentuk tersebut langsung bekerja dengan melakukan rapat kerja terlebih dahulu untuk menyusun tahapan-tahapan Pilkades serentak.

Adapun unsur panitia yang dilibatkan dalam panitia kabupaten tersebut yakni dari DPMD, Sekterariat Daerah mulai dari Asisten I, Kabag Tapem, Kabag Hukum, Kabag Ortala, beberapa OPD terkait, Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonsia (APDESI) Kabupaten Buteng, pihak keamanan (TNI/Polri), Tokoh Masyarakat, hingga Pers.

“Untuk pelaksanaan atau pencoblosan Pilkades serentak ini kita targetkan dilaksanakan Juli. Pemkab Buteng juga telah menganggarkan sebesar Rp 1,5 miliar lebih dari APBD 2019 untuk membiayai tahapan-tahapan Pilkades mulai dari pengamanan, pengawasan, hingga pelantikan nanti,” tutur Armin.

Untuk diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Buteng tahun 2019 ini mengacu pada Perda Nomor 7 Tahun 2017 tentang perubahan atas Perda Nomor 2 Tahun 2015 tentang kepala desa. Didalamnya sudah diatur tahapan-tahapan Pilkades, syarat calon Kades minimal tamatan SMP sederajat, hingga calon Kades maksimal lima calon.

“Kalau calon kadesnya lebih dari lima calon, maka akan dilakukan seleksi. Misal, calon kadesnya sampai tujuh orang, maka akan dilakukan seleksi dan tes para calon dari panitia kabupaten untuk menggugurkan dua calon kades lainnya,” jelas Armin.(uzi)

Adapun 35 desa dari tujuh kecamatan yang akan mengikuti Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Buteng:

1. Kecamatan Mawasangka
Desa Wakambangura, Desa Polindu, Desa Banga, Desa Air Bajo, Desa Gumanano, Desa Wakambangura II, Desa Napa, Desa Balobone, Desa Wasilomata I, Desa Tanailandu, Desa Kanapa-napa, dan Desa Terapung.

2. Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng)
Desa Katukobari, Desa Lantongau, Desa Watorumbe Bata, Desa Gundu-Gundu, dan Desa Morikana.

3. Kecamatan Mawasangka Timur, hanya diikuti satu desa yakni Desa Wambuloli.

4. Kecamatan Lakudo
Desa Teluk Lasongko, Desa Wongko Lakudo, Desa Metere, Desa Nepa Mekar, Desa One Waara, Desa Wajogu, Desa Moko, dan Desa Madongka.

5. Kecamatan Gu
Desa Lowu-Lowu, Desa Kamama Mekar, dan Desa Lakapera.

6. Kecamatan Sangia Wambulu
Desa Doda Bahari dan Desa Baruta Lestari.

7. Kecamatan Talaga Raya
Desa Kokoe, Desa Liwulompona, Desa Wulu, dan Desa Pangilia.

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker