Baubau

Parkir Sembarang, HMI Desak Pemda Somasi Beberapa Tempat Usaha

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU -Penggunaan bahu jalan sebagai lahan parkir beberapa tempat usaha di Kota Baubau menuai protes dari Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Baubau, siang kemarin. Aksi unjuk rasa yang berujung diskusi dengan Kadis Perhubungan Baubau ini menghasilkan beberapa kesepakatan yang salah satunya Pemda akan menyurati tempat-tempat usaha tersebut dalam waktu dekat.

Ketua HMI Cabang Baubau La Ode Rizki menilai kejadian ini sebagai salah satu bentuk kelalaian Dinas Perhubungan dalam melakukan pengawasan terhadap LLJR. Padahal jika kita menengok UU Nomor 22 Tahun 2009.
Mestinya badan jalan adalah fasilitas umum yang tidak boleh dimanfaatkan oleh orang per orang atau kelompok yang efeknya dapat mengganggu arus lalulintas dan merugikan orang lain. “Misalkan Toko Intan disekitaran Bataraguru dan KFC di Pantai Kamali, dan beberapa tempat usaha lain di beberapa titik,” katanya.

Selain itu, pemicu kemacetan juga ini disebabkan semberautnya dinas Perizinan mengeluarkan izin membangun tempat-tempat usaha tanpa memperhatikan apakah tempat tersebut telah memiliki dokumen Andalalin atau belum. Sebab ini juga adalah anamat Permenhub Nomor 75 Tahun 2015.

“Makanya kami meminta kepada Pemerintah Kota Baubau untuk sesegera mungkin menegur pemilik usaha tersebut agar patuh dan tunduk terhadap aturan.
Jika kedepan masih tidak dihiraukan, maka pemda sebaiknya melakukan suiping pentil ban sebagaimana yang pernah dilakukan didaerah-daerah lain,” tambah La Ode Armeda Korlap Aksi.

Menanggapi persoalan ini, Kadis Perhubungan Baubau, Idrus Taufik Saidi yang bertemu langsung dengan demonstran menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan segera menyurati tempat-tempat usaha tersebut.

“Soal suiping pentil ban sebagaimana saran adik-adik, ini mesti ada dasar hukum berupa Perda atau perwali di Kota Baubau agar kami bisa lakukan itu. Sebab jika tidak, maka kita juga tidak memiliki dasar apapun untuk melakukan tindakan tersebut,” katanya.(aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker