Busel

PAW Kades Marawali Diproses, Lawela Selatan Batal

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Proses pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Busel tersiswa Pergantian Antara Waktu (PAW) Kades yang belum tuntas. Dari empat PAW Kades yang dijadwalkan, tersisa Kades Marawali, Kecamatan Kadatua. Sedangkan Lawela Selatan batal digelar PAW.

Empat desa yang rencananya PAW Kades adalah Kades Burangasi Rumbia, Kades Sandang Pangan yang sudah digelar. Sisa Kades Marawali.

Kepala BPM Busel La Siambo melalui, Kepala Bidang Pemdes, Abdul Muthalib menjelaskan, PAW Kades Lawela Selatan batal digelar, karena sudah tidak memenuhi syarat batas waktu, masa jabatan tinggal sampai Oktober 2018. Tidak cukup satu tahun.

Karena itu lanjut dia, diteruskan pejabat sementara Kades sambil menunggu Pilkades serentak 2019 mendatang. Sedangkan PAW Kades Marawali Kadatua, Kamis (7/12) baru penetapan calon Kades. Jika calonnya lebih dari 3 orang, maka akan ada uji kompetensi oleh tim dari BPM.

“Uji kompetensi itu untuk memilih siapa yang memiliki kualitas tinggi. Itu yang menjadi rekomendasi uji kompetensi calon untuk dipilih masyaralat,” tuturnya.

Terkait Pilkades serentak yang digelar 5 Desember lalu dan diikuti 15 desa, Abdul Muthalib menyebutkan, hingga Kamis (7/12) pagi, dari 15 desa yang menggelar Pilkades, baru delapan desa melaporkan hasilnya.

“Tidak ada batasan waktu, tapi kita terus menunggu hasil Pilkades serentak. Sekarang baru delapan desa yang melaporkan ke BPM melalui BPD desa,” katanya.

Delapan desa yang sudah diterima hasil Pilkades serentak adalah Desa Waindawula, Kamoali, Mokobeau, Windu Makmur, Bahari 2, Bahari 3, Watiginnada dan Lontoi. BPM masih menunggu desa lain sehingga secara serentak direkomendasikan ke bupati agar dilakukan penetapan dan penerbitan SK pelantikan April mendatang.

Sedangkan dua desa di Kecamatan Batuatas hasil Pilkades Batuatas Timur Muhamad Albar 147, Herlin, S.Pd 176, Suryadi, 121, La Ode Mahmud Uga 187,Anhaludin 202, suara tidak sah 3. Desa Tolando Jaya, Hationo S.IP 165, La Sapudi 150, Sahrudin 175, La Suwu 217, La Saarman 339. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker