Buteng

PDIP Penuhi Syarat Verifikasi Faktual

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Perjuangan Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dinyatakan memenuhi syarat (MS) dalam verifikasi faktual yang dilakukan KPUD setempat di sekretariat partai besutan Megawati Soekarno Putri di Lombe, Kecamatan Gu, Selasa (26/12).

Pihak KPUD yang turun melakukan verifikasi faktual yakni Komisioner Anak Agung Raja Ika, Amir, dan Rinto Agus Akbar. Ketiganya didampingi Sekretaris La Ode Darmawan Hibali, Kasubag Hukum Syahrul, dan beberapa staf.

Verifikasi faktual partai berlambang Banteng moncong putih itu tak luput dari pengawasan Bawaslu Kabupaten Buteng. Ketua Bawaslu Buteng Helius Udaya turun langsung mengawasi, didampingi Komisioner Jais dan Sekretaris Alimin, plus anggota Panwascam Gu.

Kehadiran KPUD dan Bawaslu tersebut disambut langsung Ketua DPC PDIP Kabupaten Buteng H Samahuddin, Sekretaris Alexander Ernesto, dan Bendahara Hendi Syafrini. Hadir pula dua legislator DPRD dari PDIP Kadir Teme dan Tamsil, para caleg dari masing-masing Dapil, dan puluhan pengurus partai.

Verifikasi diawali dengan pemeriksaan KTP dan KTA anggota sesuai angka cuplik dalam pencabutan lot di KPUD sebelumnya. Angka cuplik PDIP sendiri adalah angka 7, sehingga yang diverifikasi adalah anggota yang bernomor lipatan sepuluh setelahnya sampai angka 127 dari 134 anggota yang disetorkan di KPUD.

Dilanjutkan dengan verifikasi KTP dan KTA pengurus inti sesuai yang tertera dalam SK, yakni ketua, sekretaris, dan bendahara saja. Terakhir KPUD melihat kondisi sekretariat dengan segala kelengkapanya sesuai yang disyaratkan dalam PKPU.

“Setelah kami lakukan verifikasi faktual terhadap DPC PDIP Kabupaten Buteng ini, hasilnya sudah lengkap dan memenuhi syarat,” ungkap Komisioner KPU Buteng Rinto Agus Akbar kepada awak media usai pihaknya melakukan verifikasi faktual.

Rinto menerangkan, dalam melakukan verifikasi faktual ini ada tiga yang diteliti pihaknya, yakni kepengurusan, kanggotaan, dan sekretariat Parpol. “Untuk keanggotaan harus memenuhi minimal 30 persen keterwakilan perempuan. Setelah kita hitung, PDIP sendiri ada 33 persen keterwakilan perempuan,” tandasnya.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Buteng H Samahuddin mengaku, sebagai partai lama dan partai pemerintah PDIP tidak ada kendala dalam hal verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual baik di pusat maupun di daerah, termasuk di Kabupaten Buteng sendiri.

“Alhamdulillah, dari yang disyaratkan KPUD semuanya memenuhi syarat untu verifikasi faktual DPC PDIP Kabupaten Buteng. Dari administrasi kepengurusan dan keanggotaan hingga keterwakilan perempuan 30 persen,” ungkapnya.

Dengan terpenuhinya syararat verifikasi faktual ini, DPC PDIP Kabupaten Buteng sudah siap menjadi peserta Pemilu 2019 yang akan bekerja dan maju bersama rakyat. “Kami juga sudah menyiapkan para Caleg 2019 nanti di Dapil masing-masing, baik figur tua maupun muda yang merupakan para tokoh di masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Buteng Helius Udaya mengatakan dalam melakukan pengawasan verifikasi faktual parpol pihaknya selalu memastikan empat hal sesuai Peraturan KPU, yakni kepengurusan Parpol, alamat domisili kantor atau sekretariat tetapnya, keanggotaan Parpol, dan keterpenuhan syarat keterwakilan perempuan.

“Untuk PDIP hari ini, setelah kami melakukan pengawasan langsung semua sudah berjalan sesuai dengan prosedur yang ada. Keempat syarat yang sudah ditetapkan juga terpenuhi,” tukasnya.

Dalam melakukan pengawasan verifikasi faktual terhadap PDIP tersebut, pihaknya menerjunkan 10 orang dari Panwascam dan 10 orang dari Panwas kabupaten. “Kalau komisioner Panwaskab tidak ada kegiatan di luar daerah, selalu turun langsung kalau ada verifikasi faktual Parpol,” tutupnya. (uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker