Baubau

Pekka Minta Pemkot Baubau Fokus Lima Masalah Sosial

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Serikat Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) mulai menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan Kota Baubau. Lima isu sosial menjadi fokus rekomendasikjjo PPK ke Pemerintah Kota (Pemkot).

“Jadi kegiatan ini dalam rangka membantu pemerintah daerah membuat RAD tujuan pembangunan berkelanjutan di Kota Baubau,” jelas Deputi Direktur yayasan Pekka, Romlawati disela-sela lokakarya penyusunan RAD SDGs di aula Bappeda Baubau, Kamis (8/11).

Kata dia, peraturan presiden mewajibkan semua daerah sudah harus mempunyai RAD tujuan pembangunan berkelanjutan paling lambat Juli 2019 mendatang. Untuk menyusun RAD tersebut, pihaknya sangat memerlukan data dan pencapaian Pemkot sebelumnya.

“Kalau data tersedia, maka prosesnya akan lebih cepat. Tapi kalau data tidak ada, maka agak repot juga. Apalagi kita tahu beberapa minggu lalu Bappeda ini kehilangan barang-barang. Mudah-mudahan data yang tersedia masih cukup, sehingga proses RAD lebih cepat,” ujarnya.

Sesuai analisis, urai dia, ada lima isu sosial yang harus menjadi fokus pembangunan berkelanjutan Pemkot. Yaitu tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan yang sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas dan kesetaraan gender.

“Pemerintah Baubau sudah semestinya fokuskan lima tujuan pembangunan berkelanjutan itu dalam lima tujuan kedepan. Setelah lima tahun, maka dievaluasi apakah lima tujuan tercapai,” imbuhnya.

Ia menuturkan, Pekka pun ikut mengawal keseriusan Pemkot dalam mewujudkan lima tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut. Pekka akan melakukan evaluasi dan monitoring secara rutin terhadap pencapaian program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu.

“Jadi dalam lima tahun ada evaluasi jangka pendek, menengah dan panjang. Kalau ada yang kami lihat bahwa itu masih jauh dari capaian, kami akan menyampaikan ke Pemkot untuk dibahas solusinya,” pungkas Romlawati.

Untuk diketahui, lokakarya penyusunan RAD tujuan pembangunan berkelanjutan Kota Baubau ini dibuka langsung Sekot Roni Muhtar. (exa)

Topik
Lagi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker