Busel

Peluang Ketua DPRD Busel, Arusani: Lima Kader Berpotensi

PUBLIKSATU.COM, BUTON SELATAN – Kader PDIP di Kabupaten Buton Selatan berhasil menduduki lima kursi calon anggota dewan terpilih periode 2019-2024 di DPRD Busel. Penentuan kader yang menduduki ketua DPRD Busel akan ditentukan DPP PDIP atas rekomendasi DPC PDIP Busel.

“Kita bersukur PDIP mendapatkan suara terbanyak dan lima kursi mencapai target,” kata Ketua DPC PDIP, Busel H La Ode Arusani kepada Buton Pos belum lama ini di kantor Bupati Busel.

Lanjut dia, untuk posisi ketua DPRD Busel diantara lima kader PDIP dari calon anggota DPRD terpilih semua berpotensi memegang palu namun itu tergantung DPP PDIP yang menentukan dan menetapkan SK. “Karena yang menentukan semua ini, DPP PDIP,” ujarnya.

Lanjut dia, dirinya hanya mengusulkan dari seluruh kader calon anggota DPRD dari PDIP. Yang menentukan DPP berdasarkan ketetentuan internal partai. Sesuai dengan pertimbangan politis secara konfrehensif.

Ia menegaskan sebagai Ketua DPC PDIP Busel dirinya hanya sebatas mengusulkan. Dari lima kader PDIP yang lolos akan diusulkan menjadi Ketua DPRD Busel periode 2019-2024.

Secara politis Arusani mengaku akan mengusulkan lima kadernya. Pasalnya yang menentukan finalnya Ketua DPP PDIP Megawati. Ataupun akan ditentukan Pasca kongres PDIP dalam waktu dekat ini. Pada prinsipnya akan ditentukan SK ketua DPRD sebelum pelantikan anggota DPRD Busel Oktober mendatang.

“Kalau saya semuanya lima orang kader calon anggota DPRD terpilih itu semua kita akan dorong. Nanti DPP yang menentukan belum bisa saya sebutkan. Karena penentuan finisnya bukan saya. Tapi DPP PDIP,” ujarnya dengan diplomasi.

Arusani berharap DPRD Busel berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. DPRD Busel sebagai mitra kerja pemerintah serta bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya.

Namun demikian pertimbangan secara politis soal siapa yang menduduki kursi Ketua DPRD tergantung internal PDIP. Sisi latar belakang pengalaman kader, integritas, loyalitas menjadi salah satu pertimbangan serta pertimbangan politis untuk pertarungan Pilkada 2024 mendatang.

Sedangkan posisi kursi wakil Ketua I sesuai pleno perolehan suara KPU dipastikan diraih Hanura dengan berhasil merebut empat kursi. Sedangkan Wakil Ketua II diraih partai Demokrat dengan perolehan tiga kursi. Dengan begitu kursi wakil ketua DPRD Busel periode 2014-2019 dan wakil ketua periode 2019-2024 hanya bertukar kursi antara kader Demokrat dan Hanura.

Sesuai pleno perolehan suara KPU Busel, lima kader PDIP calon anggota DPRD Busel terpilih yakni Dapil I (Batauga-Kadatua) Hj Wa Ode Ruhania memperoleh 1.353 suara, Karmila 1.140 suara.

Dapil II (Sampolawa) H La Harnu 962 suara. Dapil III (Lapandewa-Batuatas) Dodi 730 suara. Dapil IV (Siompu-Siobar) La Ode Armada 577 suara.

Sementara sebelumnya Ketua DPRD Busel diraih PAN kini kursi di DPRD nihil.Tak satupun kader PAN lolos terpilih menjadi anggota Dewan periode 2019-2024.(aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker