PolitikSultraTajuk

Peluang Putra Buton jadi Menteri di Era Jokowi

HINGGA kini belum satu pun putra dari Bumi Anoa yang diberi amanah menjadi menteri. Mungkinkah putra Buton menjabat menteri di era Jokowi?

Pertanyaan ini penting untuk menakar sejauh mana kredibilitas dan kapabilitas SDM kita. Sebagaimana diketahui, pasca-putusan MK jagat politik tanah air diramaikan dengan rebutan kursi menteri dari sejumlah Parpol.

Bahkan Ormas pun ada yang minta jatah menteri. Analisis pun dibuat. Muncullah nama-nama sejumlah bakal menteri.

Mereka berasal dari dua kalangan, Parpol dan profesional. Sayangnya dari beberapa figur yang mencuat belum satu pun nama dari Bumi Anoa termasuk Buton.

Nah, dari sini perlu dijadikan bahan kajian, mengapa sejak Indonesia merdeka tak satu pun nama dari Bumi Anoa atau Buton yang masuk dalam jajaran menteri. Padahal secara SDM kita punya kemampuan yang tidak kalah bersaing.

Fakta ini selayaknya membuat SDM dari Bumi Anoa, bil khusus Buton untuk meluaskan lapangan kompetisinya. Jangan hanya bersaing untuk memperebutkan posisi di daerah, tapi harus domain yang lebih luas, regional, nasional, bahkan internasional.

Tanggung jawab siapa yang menyiapkan SDM? Semua stakeholder terkait, mulai dari keluarga, masyarakat, kampus, hingga Pemkot/Pemkab dan Pemprov Sultra. Dengan demikian, putra dan putri dari Bumi Anoa tidak dipandang sebelah mata.

Realitas empiris ini, harus membuka mata pihak pemerintah, bahwa pembangunan tidak hanya infrastruktur an sich. Pembangunan SDM juga penting untuk diperhatikan.

Alhasil, apakah era Jokowi akan ada putra dari Buton yang dipercayakan jabatan menteri? Tampaknya untuk kali ini kita harus mengurut dada.(*****)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker