Muna

Pembangunan Rumah Adat Muna Ditarget Tuntas Akhir Tahun

Pembangunan rumah adat yang terus digenjot pengerjaannya dan ditarget tuntas akhir tahun 2017 ini

BUTONPOS.COM, MUNA – Pembangunan rumah adat terus dikebut. Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 80 persen. Dipastikan bagunan simbol kerajaan Wuna itu akan tuntas akhir tahun ini.

La Ode Bou, Kadis PU Muna mengatakan, tahun ini yang dibangun baru tiga unit rumah adat. Dimana, satu unit rumah induk dan dua rumah pengawal. “Pembangunannya terus digenjot. Ditargetkan tuntas akhir tahun,” katanya.

Mantan Asisten II itu menerangkan, untuk tahun berikutnya akan dianggarkan pembangunan pelatarannya. Tentunya bila telah selesai, rumah adat itu akan diisi ornamen pusaka peninggalan kerajaan Wuna.

“Ada yang bentuk duplikat dan ada yang asli. Misalnya yang asli tombak yang didatangkan dari Ternate ke Muna. Tombak itu hasil dari sayembara kala itu,” terangnya.

Pembangunan rumah adat itu, menurutnya sebagai terobosan Bupati Muna, LM Rusman Emba untuk memperkenalkan daerah bahwa dahulu kala, Muna merupakan kerajaan. “Rumah adat itu nantinya dikelola Dinas Pariwisata. Selain sebagai icon, juga bisa menjadi sumber PAD,” tandasnya. (cr1)









Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker