Baubau

Pemilu 2019, 12 Parpol Lolos dan Empat Verifikasi Faktual

BUTONPOS.COM, BAUBAU – 12 Parpol sudah bisa memastikan diri yang akan menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Sementara empat Parpol lainnya masih harus melewati tahapan verifikasi faktual.

Koordinator Divisi Hukum KPU Baubau, Edi Sabara menjelaskan, 12 Parpol yang dipastikan lolos menjadi peserta Pemilu 2019 itu sebagian juga merupakan peserta Pemilu 2014 lalu yakni, Partai Gerindra, PBB, PKS, PDIP, PKPI, Partai Golkar, PPP, Partai NasDem, PAN, Partai Hanura, Partai Demokrat dan PKB.

“Hasil verifikasi administrasi 12 Parpol ini kami nyatakan memenuhi syarat. Jadi sudah lolos tanpa kita lakukan lagi verifikasi faktual, karena mereka peserta Pemilu 2014,” terang Edi kepada awak media di kantor KPU Baubau, Jumat (29/12/17).

Lebih lanjut Edi menambahkan, adapun empat Parpol baru yang juga dinyatakan lolos administrasi. Tetapi, Parpol tersebut harus melalui proses verifikasi faktual yakni, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Beringin Karya (Berkarya).

“Perindo dan PSI sementara verifikasi faktual sampai 4 Januari 2018. Sedangkan, Berkarya dan Garuda mulai besok sampai 12 Januari 2018,” sebutnya.

Dalam tekhnis verifikasi faktual, pihaknya akan turun ke lapangan untuk mengecek keanggotaan, kantor, memperhatikan keterwakilan perempuan dan pengurus Parpol yang bersangkutan. Dan untuk keanggotaan, kata Edi, setiap Parpol minimal harus memiliki 154 anggota.

“Untuk verifikasi faktual keanggotaan, kita hanya gunakan sampel 10 persen. Tapi, kalau ada satu pengurus yang tidak mengakui menjadi anggota Parpol tersebut, maka kita hilangkan 10 orang,” tukasnya. (po4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker