Busel

Pemkab Busel Wacanakan Bangun Jalan Baru

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Pemkab Busel) mewacanakan pembangunan jalan baru alternatif dari Lawela menghubungkan Batauga hingga Sampolawa. Rencana pembangunan infrastruktur jalan baru itu rencananya dibuka di belakang permukiman warga saat ini.

Wacana itu diutarakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melalui Kabid Bina Marga, Iwan Mulyawan. Upaya itu untuk menggenjot pembangunan infrastruktur jalan mempercepat laju perekonomian masyarakat Busel. Namun ruas jalan baru itu melewati hutan produktif.

Iwan Mulyawan mengatakan, saat ini jalan alternatif menghubungkan Baubau, Batauga dan Sampolawa tersebut tahap perencanaan. Karena melewati hutan produksi, maka Pemkab wajib mengajukan izin pinjam pakai ke pemerintah pusat atau pemerintah provinsi yang memiliki kewenangan. “Proses pengurusan izin sementara disiapkan karena ini menjadi dasar kita,” katanya.

Ia mengaku jika izin pinjam pakai dengan luasan lima hektar itu kewenangan provinsi. Tapi jika lebih dari 5 hektar, maka itu kewenangan pemerintah pusat.

Rencananya, pada tahap awal jarak pembukaan lahan jalan itu sepanjang 16 kilometer dengan lebar 30 meter. Titik nol dari Lawela Kecamatan Batauga, melewati belakang permukiman warga tembus Lipu Mangau, Kecamatan Sampolawa.

Ia menambahkan, jika memperluas jalur Batauga-Sampolawa yang ada saat ini tidak memungkinkan. Pasalnya, sebagian sudah ada pemukiman warga dan sudah agak sulit dan tidak memungkinkan diperluas. Kemudian sudah sangat sempit melintasi wilayah pesisir laut.

Manfaatnya ini juga dapat membuka kawasan ekonomi dan pemukiman baru. Dan mempercepat perekonomian masyarakat seperti potensi hasil pertanian dan hasil laut. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker