Buton

Pemkab Buton Bakal Tarik Turis Lewat Dive Center

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dalam menarik minat kunjungan turis lokal dan asing tak pernah ada hentinya. Melalui Dinas Pariwisata, kini akan dibangun lagi pusat aktivitas selam atau dive center di sekitaran Pelabuhan Banabungi, Pasarwajo.

Selain dijadikan sebagai wadah menikmati pesona keindahan dasar laut Teluk Pasarwajo, dive center juga akan ditata sedemikian rupa agar semakin mempercantik kawasan teluk. Lahan yang digunakan untuk sarana ini lebih kurang seluas 1,5 hektar.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, La Ode Abdul Zainuddin Napa menjelaskan, dive center itu akan dilengkapi dengan penginapan, cafe, restoran, lokasi selam, dermaga dan sebagainya yang dapat berfungsi sebagai tempat refreshing atau area publik. Monumen patung ikan juga tak ketinggalan akan dibuat di lokasi itu sebagai simbol bahwa Kabupaten Buton merupakan penghasil ikan yang letaknya sangat strategis bagi wisatawan.

Dive center ini sesuai perencanaannya bakal menghabiskan APBN 2018 sebanyak Rp 10 miliar. Pembangunannya akan dilakukan selama tiga tahap. “Rencana pembangunannya nanti selama tiga tahap. Tahap satu yang akan turun itu sebesar 1,5 miliar dulu rencananya,” kata Zainuddin Napa, ketika di ruang kerjanya, Selasa (5/12).

Dijelaskan, pembangunan dive center merupakan langkah awal untuk mengesplor potensi wisata bahari agar semakin dikenal. Hal ini tentu dapat meningkatkan PAD juga.

“Nanti kita akan buatkan Perdanya agar setiap pengunjung yang masuk dipungut retribusinya,” katanya.

Ditambahkan, lokasi dive center kini sementara dipersiapkan pihaknya. Termasuk melakukan pembebasan lahan sekitar 40×100 meter.

Beberapa pemilik lahan sudah sepakat, tinggal tigal lahan lagi yang masih diupayakan. Zainuddin akan terus berupaya mencari solusi agar lahan warga yang digunakan bisa terbayar. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker