Buton

Pemkab Buton Kekurangan Armada Sampah

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Petugas kebersihan atau pasukan kuning Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buton hingga kini masih membutuhkan armada pengangkut sampah.

Kepala DLH Kabupaten Buton, Edy Sunarno mengatakan, armada sampah saat ini hanya sebanyak tiga unit jenis roda enam. Untuk memaksimalkan kinerja, pihaknya masih membutuhkan tambahan armada minimal dua unit lagi.

“Minimal kita harus punya lima unit. Yang kita punya sekarang hanya tiga, jadi kita butuh dua lagi,” kata Edy Sunarno, di salah satu tempat, Pasarwajo, akhir pekan kemarin.

Kurangnya armada pengangkut sampah itu, lanjut Edy, membuat sampah masyarakat tidak dapat terangkut semua. Hanya sekitar 17 kubik saja saja yang dapat diangkut setiap hari.

Kendati demikian, agar sampah tidak semakin menumpuk, pihaknya mekalinya dengan menambah 20 bak sampah di 15 kelurahan wilayah Ibukota Pasarwajo.

Edy menuturkan, kurangnya armada sampah ditambah dengan jauhnya tempat pembuanyan akhir membuat beban pasukan kuning semakin bertambah. “Seandainya dekat, pagi itu sudah bisa terangkut semua. Tapi karena jauh, untuk mengangkut sampah makan waktu lama, bisa sampai siang atau sore hari,” katanya.

Sejatinya tambah dia, tempat pembuangan sampah harusnya dipusatkan tidak terlalu jauh dari pusat ibukota. Hal ini demi memaksimalkan kinerja dan mengefisienkan waktu. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker