Wakatobi

Pemkab Wakatobi Prioritas Pembangunan Infrastruktur

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi telah membahas sekaligus menetapkan prioritas penggunaan anggaran daerah tahun 2018.

Hasilnya dari total Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 720 miliar, proyeksi terbesar ialah pembangunan infrastruktur yakni Rp 180 miliar.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Drs Muhammad Ilyas Abibu menerangkan, kebijakan keuangan daerah untuk infrastruktur merupakan penggunaan anggaran terbesar setelah penunjang pada bidang pemerintahan.

“Hitung-hitungannya, untuk jalan dan jembatan sekitar Rp 80 miliar, perhubungan akan menelan anggaran sekitar Rp 30 miliar, belum lagi untuk pendidikan dan kesehatan. Sementara untuk infrastruktur pemerintahan dikisarkan akan menelan anggaran Rp 60 miliar,” jelas mantan pejabat Kabupaten Buton itu.

Pria yang akrab disapa Ilyasi ini menyebutkan, untuk pembangunan infrastruktur, pihaknya mencoba fokus menata pelabuhan Marina yang terletak di jalan by pass Kecamatan Wangi-wangi. Rencananya, itu akan difungsikan sebagai ruang rekreasi publik. Termasuk akan diperlebar untuk persiapan pelabuhan kapal-kapal sail.

“Kalau kita mau optimalkan lagi, untuk Marina ini harusnya membutuhkan anggaran sekitar 30 miliar lagi,” ujarnya.

Dan untungnya kata dia, pemerintah provinsi membantu daerah sebesar Rp 20 miliar untuk penambahan panjang jalan by pass 2 kilo meter yang akan dihubungkan dengan pelabuhan pangulubelo Wangi-wangi.

“Kalau membebankan APBD kita tidak cukup. Apalagi masih ada fasilitas umum seperti Masjid Raya di jalan by pass dan Museum Bajo di Mola Selatan yang belum kita anggarkan,” tutupnya.

Sementara itu Bupati Wakatobi, H Arhawi Ruda sebelumnya telah menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur daerah.
Ia menyadari sebagai salah satu daerah yang ditetapkan sebagai 10 New Bali, infrastrukturlah sebagai penunjang.

“Karena di daerah kita masih banyak infrastruktur yang belum memadai. Karena itu, kita perlu melengkapi,” kata orang nomor satu di Wakatobi itu. (P10)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker