Baubau

Pemkot Baubau Prioritaskan Pembebasan Lahan untuk Tiang Pancang Jembatan Penghubung Buton-Muna

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Dalam rangka mempercepat rencana pembangunan jembatan penghubung Buton-Muna, Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin melakukan peninjauan lokasi pembebasan lahan masyarakat yang akan digunakan dalam proses pembangunan, Selasa (14/01/2020).

Pembangungan jembatan yang direncanakan akan dibangun di Lingkungan Kolagana, kelurahan Palabusa Kecamatan Lea-lea itu diperkirakan akan dilakukan pembebasan lahan milik warga sebanyak 17 orang pemilik lahan.

Saat meninjau lokasi, AS Tamrin mengatakan, akan terlebih dahulu melakukan pembebasan lahan kepada lima orang pemilik lahan untuk memprioritaskan pembangunan tiang pancang jembatan.

AS Tamrin menyatakan dalam pembebasan 17 lahan milik warga, Pemkot Baubau menyiapkan anggaran tahap pertama sebesar Rp 1 miliar meliputi jalan yang panjangnya 1,3 kilometer dan lebar 30 meter serta lokasi persiapan tiang pancang jembatan.

“Yang diprioritaskan lebih awal adalah lahan lokasi tiang pancang. Pemerintah provinsi yang akan membangun jembatan tapi kita harus mantapkan dulu lahannya. Jangan sampai pak gubernur mau membangun tapi lahannya belum siap,” kata AS Tamrin.

Selain itu, AS Tamrin mengaku pihaknya telah melakukan sosialisasi dan pendataan terkait rencana pembangunan tersebut. Menurutnya, seluruh warga pemilik lahan di lokasi pembangunan bersedia membebaskan lahannya.

Diketahui, mega proyek tersebut dikucurkan dari alokasi dana APBN sebesar 1,4 Triliun dengan panjang jembatan 680 Meter. Rencana titik awal pembangunannya dari wilayah Kelurahan Kolagana (Kota Baubau) menuju wilayah Waburense (Kabupaten Buton Tengah). (Po1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker