Baubau

Penembak Remaja di Kanakea Dituntut Dua Tahun Penjara

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau menuntut terdakwa inisial HS selama dua tahun penjara. Pemuda 21 tahun itu menjadi terdakwa penembakan terhadap seorang remaja berinisial SR (17) di lorong Yustisari Kanakea Kelurahan Nganganaumala, Januari lalu.

“Penembakan di Kanakea kita tuntut pidana dua tahun. Putusan hakim diagendakan tanggal 23 Mei ini,” ungkap Kasi Pidum Kejari Baubau, Awaluddin Muhammad dikonfirmasi di ruang kerjanya,

Pertimbangan meringankan, ulas dia, terdakwa hanya sesaat menguasai pistol yang dipakai menembak korbannya. Kemudian, terdakwa mengakui perbuatan dan tidak berbelit-belit selama diperiksa di persidangan.

“Setelah melepaskan tembakan waktu itu, terdakwa langsung menyerahkan kembali pistol ke pemiliknya yang saat ini masih buron. Makanya, saya dorong penyidik untuk mengembangkan ke DPO itu,” ujarnya.

Fakta di persidangan, bener dia, HS tega menembak karena terdesak saat dalam suasana mencekam bentrokan antar pemuda. Korban dan kelompoknya sudah semakin mendekat ke kelompok terdakwa.

“Pada mulanya terdakwa ini menolak diberi pistol. Tapi, kakak-kakaknya di Kanakea meminta terdakwa untuk jadi eksekutor. Sehingga, tidak ada pilihan, suka tidak suka, terdakwa harus mengambil pistol,” imbuhnya.

Untuk diketahui, hasil pemeriksaan ahli, bedil yang digunakan HS tergolong pistol semi otomatis jenis FN warna silver yang diberikan oleh pria dewasa berinisial AP. Satu tembakan yang dilepaskan pelaku melukai dan peluru bersarang di paha kanan SR.(exa)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker