Buteng

Pengangguran di Buteng Capai Ribuan Orang

PUBLIKSATU.COM, BUTON TENGAH – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mencatat angka pengangguran di daerah berjuluk negeri seribu gua itu hingga akhir tahun 2018 mebcapai 2.044 jiwa. Jumlah tersebut hanya sekitar 1,05 persen dari jumlah usia produtif pencari kerja diatas usia 15 tahun sebanyak 105.295 jiwa.

Kepala Seksi Pelatihan Kerja, Dinas Nakertrans Kabupaten Buteng, Karni, mengatakan jumlah tersebut tidak seluruhnya pengangguran tetap. “Ada sebagian penghasilannya tidak tetap dan telah bekerja atau biasa disebut pekerja lepas, sehingga dimasukan dalam kategori pengangguran tidak tetap,” ungkapnya belum lama ini.

Karni menambahkan, untuk tahun 2019 ini hingga bulan Juni baru sekitar 508 data pencari kerja yang masuk berdasarkan kartu kuning (kartu pencari kerja). “Untuk jumlah keseluruhannya kita masih dalam proses merampungkan data-data,” timpalnya.

Untuk mengurangi angka pengangguran tersebut, pihaknya telah mengambil langklah-langkah dengan mendata perusahaan swata yang masuk di Buteng, agar masyarakat lokal dijadikan sebagai tenaga kerja. (uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker