Muna

Pengembalian Uang Korupsi, Pemkab Muna Terima Rp 588 Juta

BUTONPOS.COM, MUNA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna tahun ini berhasil menyelamatkan keuangan negara yang bersumber dari penanganan tindak pidana korupsi. Jumlahnya cukup besar yakni, Rp 3,5 miliar. Duit tersebut selanjutnya ada yang diserahkan ke Kas Negara dan Kas Daerah Muna.

Untuk di Kas Daerah Muna misalnya, Jaksa mengembalikan duit hasil pengembalian korupsi Dana Desa (DD) tahun 2015 yang menyeret mantan Kepala BPMPD, La Palaka dan mantan Kabid Pemdes, Nazaruddin Saga sebesar Rp 588 juta. Duit tersebut diserahkan langsung oleh Kajari Muna, Badrut Tamam pada Bupati, LM Rusman Emba, Jumat (8/12).

Kata Badrut, penyerahan uang yang berhasil diselamatkan dari tindak pidana korupsi itu sebagai bentuk komitmen Kejari dalam mendukung pembangunan di daerah. “Meski jumlahnya kecil, tapi kami berharap uang itu bisa digunakan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Dalam menjalankan tugas, Jaksa menurutnya tidak semata-mata mencari kesalahan. Namun, bagaimana cara untuk melakukan pencegahan terhadap tindak pidana korupsi yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi dikala ada kesempatan.

Karena itu, Kejari melalui TP4D akan terus melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap penggunaan anggaran di daerah. “Kami membuka diri. Jangan ragu untuk bertanya, kami siap membantu,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menyampaikan terima kasih pada pihak Kejari Muna yang telah berhasil menyelamatkan keuangan negara. Katanya, uang hasil tindak pidana korupsi yang diserahkan ke Kas Daerah itu akan digunakan sesuai peruntukannya.

“Kami sangat apresiasi. Dananya akan masuk pada porsi pendapatan lain-lain yang akan digunakan untuk pembangunan yang bisa dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya. (cr1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker