Muna

Penghujung Tahun, Rajiun Rombak Kabinet

BUTONPOS.COM, MUBAR – Wajah sumringah terpancar pada beberapa kepala dinas, pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pengawas, kepala sekolah, dan pejabat fungsional lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang dilantik, Kamis (28/12/17)kemarin.

Di halaman kantor bupati Mubar, mereka diresmikan untuk mengisi komposisi jabatan tersebut.

Namun, ada juga sebagian yang mengalami pergeseran, serta mutasi ditempat-tempat lain. Jabatan yang lebih banyak mendapatkan rotasi adalah kepala sekolah.

Menariknya, dua jabatan strategis belum terisi yakni pimpinan Dinas Perumahan dan Pemukiman, serta Direktur Rumah Sakit Umum (RSU).

Saat pembacaan SK bupati nomor 383 tahun 2017 tentang pengukuhan dan pelantikan komposisi jabatan itu, dua intansi ini tidak ada yang isi.

Sebelumnya, Dinas Perumahan dan Pemukiman dijabat pelaksana tugas La Ode Butolo. Tetapi mantan Kabid Bina Marga PU Mubar ini ditarik menjadi staf sekretariat daerah (Setda). Sementara Direktur RSU lama Muh. Hidayat, bergeser menjadi kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), mengantikan posisi La Ode Maha Jaya, yang kini dipasang sebagai staf ahli bupati.

Kemudian, pergeseran terjadi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud). Saat ini kantor yang menangani masalah pendidikan di Mubar itu, dijabat Ramadan, yang sebelumnya sebagai Kabag Umum Setda Mubar. Ramadan, mengantikan posisi L. M. Husein Tali, yang kini di devenitifkan sebagai sekretaris daerah (Sekda) Mubar. Untuk Kabag Umum sekarang dijabat oleh Ashar, mantan Kabid Pemukiman, pada Dinas Perumahan dan Pemukiman.

Pada intansi lain, pergantian posisi jabatan terjadi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Mantan Kepala BPBD Nazirun, ditarik menjadi Asisten II dan diisi oleh Ibrahim Rasimu, yang dulunya sebagai Asisten I.

Bagi pejabat SKPD lain, hanya dikukuhkan menjadi kepala dinas. Karena sebelumnya mereka hanya diberikan SK sebagai pelaksana tugas (plt) seperti Kadis Dispora, La Ode Hidayat Daerah, BPMD, La Ode Tibolo, PU Ir. Karimini, Inspektorat, Hainuddin, Disperindag, Agutamin Sujono,
serta beberapa SKPD lainnya.

Pada jabatan administrator yang mengalami pergeseran hanya Kabag Umum, dan Kabag Humas. Untuk Kabag Humas sekarang di isi oleh Ali Abdin yang dulunya sebagai kepala bidang di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), dan mengantikan Haeruddin, yang saat ini dipasang sebagai Kabag Pemerintahan.

Dalam sambutannya, Bupati Mubar La Ode M. Rajiun Tumada mengatakan, pelantikan, dan pengukuhan, serta pengambilan sumpah jabatan ini merupakan bentuk roda organisasi pemerintahan. Tugas pimpinan daerah yakni penyelenggara pemerintahan, penyelenggara pembangunan, dan kemasyarakatan.

“Olehnya itu progres pemerintahan saya sudah nyatakan sesuai UU ASN. Hari ini (Kemarin, red) saya dilantik sudah 7 bulan. Berarti sudah ada kewenangan sebagai profesi untuk melakukan penyegaran jabatan sesuai ketentuan ASN. Saya laksanakan ini sesuai amanah UU, dan yang dilantik ini sudah memenuhi persyaratan kepangkatan dan administrasi,”ungkapnya.

Kebijakan lain yang diambil, berdasarkan kebijakan bupati agar memiliki rumah dan tinggal di Mubar. Anaknya, wajib sekolah di Mubar. Ini mutlak adanya. “Makanya ada beberapa saya belum lantik, karena istrinya belum masuk di Mubar. Nanti kalau sudah tinggal disini baru saya lantik, pada proses pelantikan selanjutnya. Ini harga mati bagi saya,”tegasnya.

Rajiun menerapkan kebijakan itu, sebab tidak ingin melihat ada pegawai yang pulang balik dari Mubar ke kabupaten lain. Tidak ada PNS terima gaji di Mubar dan belanja diluar daerah. “Kita bangun daerah ini tidak hanya pada sudut pandang infrastruktur fisik, tetapi juga perekonomian,”katanya.

Mantan Kasatpol PP Pemprov Sultra ini meniti harapan besar agar seluruh pejabat yang telah dilantik itu menunjukan dedikasinya terhadap daerah. Mencintai Mubar dengan hati ikhlas, tulus, dan bukan sebagai tempat persinggahan.

“Terjadinya mutasi dengan teknis yang berbeda, itu hal yang biasa dalam dunia birokrasi. Biasanya dalam pembinaan kepegawaian, jabatan staf ahli itu memiliki kinerja dan melebihi kinerja para asisten,” terangnya. (p5)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker