Buteng

Penilaian DOB, Buteng Bisa Capai Skor Tertinggi

PUBLIKSATU.COM, BUTON TENGAH – Tak terasa, tahun ini (2019) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) sudah berusia lima tahun sebagai Daerah Otonom Baru (DOB), pasca mekar dari Kabupaten Buton 2014 silam. Setiap tahunnya, Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan penilaian dan evaluasi terhadap perkembangannya, apakah sudah layak mandiri atau harus dikembalikan ke induknya.

Belum lama ini, Tim DPOD Kemendagri kembali turun melakukan penilaian di Kabupaten Buteng sebagai evaluasi kelima atau tahun terakhir. Tim dipimpin langsung Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus, dan DPOD Kemendagri, Drs Andi Bataralifu MSi.

Tim tersebut melakukan penilaian selama dua hari di Kabupaten Buteng terhadap 10 aspek yang menjadi bahan evaluasi DPOD. Kesepuluh aspek tersebut yakni pembentukan OPD dan pengisian personil didalamnya, pengisian anggota DPRD, kuantitas dan kualitas ASN, pengalihan aset, peralatan dan dokumen, penetapan tapal batas, pengelolaan APBD, Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW), serta penyediaan sarana dan prasarana pemerintahan.

Kasubdit Penataan Daerah Wilayah I Kemendagri, Jonggi Tambunan, memaparkan capaian skor DOB Kabupaten Buteng dinilai dan dievaluasi selama empat tahun sebelumnya. Hasilnya, Kabupaten Buteng sudah bisa disejajarkan dengan kasta tertinggi DOB. Dimana ada kasta rendah, sedang, tinggi, dan tertinggi.

“Dalam perkembangan setiap tahunnya, pada evaluasi tahun pertama (2015) memeperoleh skor 57,05. Meningkat siginifikan pada 2016 dengan capaian 64,35. Pada 2017 meningkat lagi menjadi 70,00. Skornya meningkat lagi pada 2018 sebesar 83,70,” bebernya.

Jonggi berharap, pada penilaian dan evaluasi 2019 ini skornya meningkat lagi. Jika setiap aspek dari 10 aspek penilaian DPOD mendapat tambahan satu poin saja, maka capaian skornya 93,70.

“Mudah-mudahan bisa lebih dari itu, sehingga Kabupaten Buteng meraih peringkat dengan skor tertinggi dari DOB lainnya. Tapi itu, tergantung dari hasil kerja atau progres Pemkab Buteng selama setahun terakhir ini dalam memenuhi 10 aspek penilaian DPOD,” tutupnya.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker