Buteng

Perolehan Suara Partai dan Calon DPRD Provinsi, PAN Masih Bersinar di Buteng

PUBLIKSATU.COM, BUTON TENGAH – Hasil pleno KPU Kabupaten Buton Tengah (Buteng) terhadap rekapitulasi penghitungan perolehan suara partai dan calon legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Sultra di Kabupaten Buteng, Minggu (5/5), menempatkan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai partai politik (Parpol) yang mendulang suara terbanyak dikumpulkan 10 Calegnya.

Kendati kalah dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Buteng 2017 lalu, partai biru berlambang matahari terbit itu rupanya masih kuat “menerangi” negeri seribu gua (Julukan Kabupaten Buteng). Terbukti, PAN menempati urutan pertama perolehan suara partai dan calon, mencapai 8.189 suara.

Dari jumlah tersebut, Caleg nomor urut 4, Ir Abdul Mansur Amila MTP, menjadi penyumbang suara terbanyak. Mantan Pj Bupati Buteng pertama itu berhasil mendulang 3.610 suara dari sembilan Caleg PAN lainnya.

Namun perolehan suara pribadi Mansur Amila tersebut, masih dikalah dengan perolehan suara yang dikumpulkan Caleg senior dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H Abdul Rasyid Syawal SPd dan Caleg muda pendatang baru dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ali Mardan Ssos yang sama-sama meraup 3.668 suara.

PKB sendiri merupakan urutan kedua setelah PAN dalam pencapaian perolehan suara partai dan calon dengan mengumpulkan 6.682 suara. Sementara PPP menempati urutan kelima dengan pencapaian suara sebanyak 4.859.

Urutan ketiga, ditempati partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan perolehan suara partai dan calon sebanyak 6.517 suara. Caleg nomor urut 8 Syahrul Said, menjadi penyumbang suara terbanyak dari Caleg separtai lainnya dengan mengumpulkan 2.403 suara.

Urutan keempat, ditempati partai penguasa di Buteng yakni PDIP. Parpol pemenang Pilbup Buteng 2017 lalu itu berhasil mengumpulkan suara partai dan calon sebanyak 6.491 suara. Suara terbanyak yang dikumpulkan Calegnya adalah Caleg nomor urut 6 Wa Ode Sarwiah dengan 1.653 suara. Mengalahkan Caleg lainnya nomor urut 8 Iskandar Kasim yang memperoleh 1.447 suara.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bertengger di posisi keenam. Partai dakwah itu mendulang perolehan suara partai dan calon sebanyak 3.272 suara. Caleg penyumbang suara terbanyak yakni Muh Poli dengan 1.260 suara.

Posisi ketujuh, ditempati partai Golkar dengan perolehan suara partai dan calon sebanyak 3.001 suara. Caleg penyumbang suara terbanyak yakni La Ode Mur Muhammad Nakib Mahdi dengan 1.316 suara.

Posisi kedelapan, ditempati Partai Bulan Bintang (PBB) dengan perolehan suara partai dan calon sebanyak 2.251 suara. Muh Saleh Ganiru sebagai Caleg nomor urut 1 menjadi penyumbang suara terbanyak yakni 1.688 suara.

Urutan kesembilan, ditempati partai Gerindra dengan perolehan suara partai dan calon sebanyak 2.011 suara. Caleg penyumbang suara terbanyak diraih Caleg nomor urut 9 AKBP (Purn) Ilyas dengan mengumpulkan 789 suara.

Urutan kesepuluh, ditempati partai Hanura dengan perolehan suara partai dan calon sebanyak 1.568 suara. Penyumbang suara terbanyak adalah Caleg nomor urut 8 Abd Wahab Raif dengan mengumpulkan 838 suara.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker