Baubau

Pilcaleg 2019, Jumlah Kursi DPRD Baubau Tetap!

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Dalam menatap pemilihan Calon Anggota Legslatif tahun 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau masih dalam tahap sosialisasi penyusunan Daerah Pemilihan (Dapil). Ketua KPU Baubau, Dian Anggraini, memperkirakan peluang penambahan kursi DPRD Baubau tidak bertambah ataupun berkurang yakni masih tetap 25 kursi.

“Jumlah penduduk 101 ribu sampai dengan 200 ribu jiwa, itu 25 kursi, sama dengan Pilcaleg 2014 lalu,” ungkap Dian Anggraini kepada awak media di Kantor KPU Baubau, Senin (18/12/17).

Lanjut ia, dengan merujuk pada regulasi ini, diprediksi jumlah kursi DPRD masih tetap 25. Sebab, data terakhir menunjukkan jumlah penduduk Kota Baubau berkisar 154 ribu jiwa sebab masih menggunakan data semester pertama.

“Semester satu tahun ini, jumlah penduduk Baubau sekitar 154 ribu. Kalau pun nanti bertambah, paling hanya sampai 160 ribuan,” pungkasnya.

Dian kembali memastikan jumlah kursi DPRD Baubau akan diketahui setelah pihaknya menerima dokumen Daftar Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2018 dari Kementerian Dalam Negeri.

“Kita masih tunggu DAK2, regulasinya jumlah penduduk berdasarkan DAK2. Dapil itu kita belum lakukan pembuatan draf baru simulasi cara penghitungan dan bagaimana menghitung Dapil. Tata cara perhitungan tidak ada perubahan. Mungkin di Januari kita sudah ada draf di Dapil itu,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, jumlah Dapil untuk Kota Baubau kemungkinan akan tetap yakni tiga Dapil. (po4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker