Busel

Pilkades “Rasa DD”, Dua Incumbent Gagal

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Hasil akhir Pilkades serentak 15 desa di Kabupaten Buton Selatan (Busel) telah usai. Dari sembilan incumbent, dua diantaranya gagal memenangkan pertarungan di desanya, yakni Kades Mokobeau Kecamatan Siompu Barat, La Muliad dan Kades Gaya Baru Kecamatan Lapandewa, Harmanto.

Pertarungan Pilkades di 15 desa ini memang berlangsung sengit. Apalagi diperkuat iming-iming dana desa (DD) tiap tahunnya yang terus meningkat jumlahnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Busel, La Siambo mengatakan, pelaksanaan Pilkades di Busel berlangsung sukses, aman, tertib dan terkendali. Seluruh prinsip demokrasi telah dilaksanakan.

“Dari hasil amatan kami, semua berjalan aman, tertib dan kondusif. Sudah selesai semua pemilihan dan sudah diketahui pemenangnya. Dua incumbent gagal,” terangnya kepada Buton Pos ketika dikonfirmasi yang saat ini masih di Jakarta, kemarin.

Lanjut dia, pasca pemungutan suara dan pemilihan ini, dilanjutkan dengan proses penetapan panitia di tingkat desa. Kemudian dilanjutkan di BPD dan diusulkan ke BPM. Kemudian BPM akan diteruskan ke Bupati Busel untuk ditetapkan, diterbitkan SK dan dikukuhkan dalam pelantikan yang akan digelar April mendatang. “Insya Allah bulan empat (April) pelantikan Kades terpilih,” ujarnya.

Pilkades serentak Busel tahap I ini menelan APBD sebesar Rp 200 juta di 15 desa dari 60 desa lainya, sedangkan empat desa akan menyelenggarakan PAW Kades.

Data yang dihimpun media ini, hasilnya 15 desa yang menggelar Pilkades serentak yakni Kecamatan Sampolawa, Desa Bahari III dimenangkan Tasman dengan perolehan 369 suara, mengalahkan La Zidi (150 suara). Calon Kades Bahari II, La Miji memperoleh 39 suara, Rizal 196 suara dan dimenangkan La Hedi 227 suara. Calon Kades Windu Makmur, Ludiman (incumbent) 156 suara, Ramli 105 suara dan Dartoni 137 suara. Calon Kades Watiginanda, Syahrudin 111 suara dan La Bani (incumbent) 245 suara.

Sedangkan di Kecamatan Lapandewa, calon Kades Lapandewa yakni Rudianto 108 suara, Yahya 467 suara, dan Arif Jau 426 suara. Calon Kades Gaya Baru, Wa Aua meraih 372 suara, sedangkan lawannya petahana, Harmanto gagal dan hanya memperoleh 304 suara dan La Ode Rahmat 127 suara. Kandidat Kades Burangasi, La Huru 262 suara, La Rumai 125 suara dan La Hamirun (incumbent) 321 suara.

Kecamatan Kadatua, Pilkades Kaofe calon petahana, Sumia meraih 272 suara dan Zarmin 38 suara. Sedangkan Kecamatan Siompu Barat, Desa Kamoali calon Kades, Musliadin (incumbent) 245 suara dan H La Saheru hanya 186 suara. Desa Mokobeau calonnya yakni Sutrisno 200 suara dan La Muliadi (incumbent) gagal menjabat kembali hanya memperoleh 144 suara.

Sementara Kecamatan Siompu yakni Pilkades Lontoi, Albar 143 suara, Zurays 170 suara, Zainuddin 129 suara. Calon Kades Waindawula, La Aihi 110 suara dan Sudirman (incumbent) 258 saura. Calon Kades Lapara, Ruslan Siombiwi 116 suara, Ismail (incumbent) 165 suara dan Muh Yamin 122 suara.

Sedangkan Kecamatan Batuatas belum berhasil bisa dikonfirmasi hasilnya. Namun deketahui bahwa dari dua desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak masing-masing memiliki calon terbanyak dari seluruh desa yang melaksanakan Pilkades serentak. Yakni calon Kades Batuatas Timur, Suriadi, Herlin, Muh Albar, La Ode Mahmud Oga dan Anhaludin. Kandidat Kades Tolando Jaya yakni Saharudin, Hationo, La Sapudi, La Suwu, dan La Saarman. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker