Buton

Pimpin Harkitnas ke-111, Bupati Buton Sampaikan Pesan Menkominfo

PUBLIKSATU.COM, BUTON – Bupati Buton, La Bakry memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ( Harkitnas ) ke-111 tingkat Kabupaten Buton, Senin (20/5/2019) sekira pukul 08.00 Wita.

Upacara yang digelar di halaman eks Kantor Bupati Buton ini, La Bakry di didampingi oleh Wakilnya, Iis Elianti. Upacara ini melibatkan Pemda Buton, unsur TNI-Polri, serta para pelajar SMA, SMP dan SD.

Saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara. Bupati Buton, La Bakry menjelaskan peringatan hari kebangkitan nasional kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa.

Kata dia, dalam kitab pararaton terdapat amukti palapa. Para ahli sepakat, amukti palapa merupakan sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang mahapati gaja mada. Dimana gaja mada kala itu tidak akan puas sebelum mempersatukan nusantara.

Berdasar dari itu, sumpah palapa diyakini menjadi embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

Lanjut, La Bakry menjelaskan telah lebih seabad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa. Kata dia ini ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo, dalam kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudyaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrim di Dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini.

Tidak hanya itu, menariknya, peringatan hari kebangkitan nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan.

La Bakry menjelaskan dalam peringatan kali ini disematkan tema “bangkit untuk bersatu”.

“Kita bangkit untuk kembali mejalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar dia dalam sambutannya.

Lebih Lanjut, La Bakry menjelaskan bangsa ini adalah bangsa besar ya g mampu terus mampu menghidupi semangat persatuan selama berabad-abad. Namun, kesemuah itu kuncinya Gotong toyong. (Mo1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker