Buteng

Program Desa Wakeakea Tahun 2017 Rampung, Berikut Usulan Selanjutnya

Gedung sanggar seni Desa Wakeakea

 

BUTONPOS.COM, DESA WAKEAKEA – Dipenghujung tahun 2017 ini, Kepala Desa Wakeakea, Fardin, bersyukur telah merampungkan program dan pembangunan desa.

Diantaranya sanggar seni berkuran 20×12 meter, jalan lingkungan 300×4 meter, pelatihan peningkatan kapasitas perangkat Desa, tambahan ruangan 4×6 meter serta pagar kantor desa 20 meter. Dan pihaknya sudah mengajukan usulan untuk tahun 2018.

“Alhamdulillah tahun 2017 ini kami sudah menuntaskan pekerjaan untuk Desa Wakeakea ini dengan membangun beberapa item yang ada,” kata Fardin kepada butonpos.com, Selasa (13/12/17).

Dengan dihadiri tokoh masyarakat, Babinsa beserta perangkat desa dalam musrenbang, Fardin memaparkan usulan program yakni rehabilitasi perpipaan, rabat beton ke TK, transmigrasi dan ke laut. Selain itu ada juga penimbunan jembatan, pembuatan jalan rabat beton menuju ke Wisata Air Kaunci, pengadaan bibit sapi dan pengadaan perlengkapan sanggar seni.

“Untuk 2018 itu untuk usulannya masyarakat yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, Babinsa, Pendamping desa itu sudah disebutkan tadi. Sedangkan untuk pemberdayaan pelatihan dan pengadaan mesin jahit dan make up untuk ibu-ibu dan untuk pemuda dan bapak-bapak ada latihan otomotif,” pungkasnya.

Permasalahan dan kendalanya hanya dalam administrasi dan meyakinkan kepada masyarakat dengan memberikan pemahaman terkait pembangunan dan program dengan cara transparansi dan komunikasi yang baik.

“Kami selalu berpacu dalam hal administrasi saja. Kalau ada isu apa yang tidak diharapkan masyarakat, kami sudah sesuai prosedur dan sudah transparansi program,” ujar Fardin.

Sementara itu, untuk menggenjot PAD harus melalui pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan pengelolaan Bumdes. Dan juga merencanakan pengadaan Kios Desa Wakeakea berisikan perlengkapan ATK sehingga memudahkan sekolah untuk kebutuhan alat tulisnya. (po4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker