Bombana

Program Kesejahteraan Rakyat Bombana, Telan 152 Miliar

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Bupati dan Wakil Bupati Bombana H Tafdil dan Johan Salim mulai merealisasikan janji-janji politiknya saat berkampanye awal tahun 2017 lalu. “Utang” Pilkada kepada rakyat Bombana itu, siap ditebus dengan hadirnya sejumlah program khusus, yang menyentuh langsung kepada masyarakat kaum bawah.

Pasangan yang dilantik 22 Agustus 2017 ini telah menyiapkan anggaran khusus di APBD 2018 senilai Rp 152 miliar. Dana itu diplot untuk merealisasikan program kesejahteran rakyat Bombana yang disebutnya Program Gembira atau Gerakan Membangun Dengan Ridho Allah.

“Untuk tahun 2018, Pemkab Bombana menyiapkan dana sebesar Rp 152,6 miliar untuk merealisasikan program gembira. Program ini akan melengkapi pembangunan yang lain demi mewujudkan masyarakat Bombana sejahtera. Ini adalah bagian dari visi dan misi kami saat kampanye di Pilkada lalu,” ujar wakil Bupati Bombana, Johan Salim usai menyodorkan Plafon anggaran KUA PPAS 2018 di Kantor DPRD Bombana.

Mantan Wakil ketua DPRD Bombana itu menjelaskan dana Rp 152 miliar itu akan disubtitusi menjadi tujuh item program unggulan yang siap diwujudkan tahun 2018 nanti. Diantaranya, program Gembira sejahtera sebesar Rp 111 miliar. Gembira Taskin Rp 26,8 miliar. Gembira Kerja Rp 1,2 miliar. Gembira Cerdas Rp 1,5 miliar, Gembira Sehat Rp 10,5 miliar serta gembira terang Rp 1,25 miliar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tafdil-Johan siap menggelontorkan anggaran APBD tiap desa dan kelurahan per tahun sebesar Rp 500 juta, dan kecamatan Rp 1,5 miliar. (Jumlah desa 121 dan 22 Kecamatan).

Sementara item program Gembira Cerdas antara lain memberikan beasiswa minimal 500 untuk putra-putri Bombana yang sedang studi di perguruan tinggi. Disiapkan sebesar Rp 3 juta tiap semester selama empat tahun.

Gembira Taskin atau pengentasan kemiskinan, berupa pemberian bantuan jaminan hidup, pelaksanaan bedah rumah, raskin gratis, bantuan listrik dan air bersih, modal kerja dan usaha ekonomi produktif, bantuan hukum, ganti rugi bencana alam hingga santunan kematian.

Gembira Kerja antara lain, pemberian jaminan sosial bagi masyarakat Bombana yang beresiko tinggi. Seperti warga nelayan, tukang ojek, buruh tani, buruh bangunan, pekerja hasil hutan atau pekerja berpenghasilan dibawah upah minimum.  Bukan cuma itu saja, disediakan pula jaminan kecelakaan kerja hingga jaminan kematian. Jaminan itu disediakan sebanyak 6000 pekerja.

Gembira Terang berupa bantuan secara cuma-cuma untuk sambungan listrik minimal 3.000 sambungan untuk warga miskin. Sedangkan Gembira Sehat yakni pemberian jaminan kesehatan secara gratis bagi warga Bombana melalui Jamkesda dan integrasi Jamkesda ke Jaminan Kesehatan Nasional.

Selanjutnya Gembira Sejahtera antaralain program perluasan lapangan kerja, peningkatan kualitas dan keterampilan kerja untuk petani dan nelayan. Peningkatan produksi, pengelolaan pasca panen dan pemasaran serta pengembangan ekonomi kerakyatan. (Dar)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker