Busel

Rakor TPID, Stok Beras Aman Hingga Idul Fitri

PUBLIKSATU.COM, BUTON SELATAN – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Buton Selatan melaksanakan rapat kordinasi awal tahun 2020 di Aula Kantor Bupati Busel, Kamis (13/2). Rakor ini membahas masalah-masalah terkait penanganan inflasi daerah di lingkup Kabupaten Buton Selatan pada tahun 2019. Serta rencana aksi pada tahun 2020.

Hadir dalam Rakor perwakilan OPD teknis terkait dengan Pengendalian inflasi daerah, instansi vertikal terkait (BPS), BUMN (Perum Bulog), dan BUMD Buton Selatan.

Rakor ini dipimpin Asisten II Setda Buton Selatan, Ir. La Ode Mpute. Ia menginstruksikan bahwa fungsi TPID harus dioptimalkan dengan menjalin komunikasi yang antar sektor agar pengendalian inflasi di Kabupaten Buton Selatan dapat berjalan secara maksimal.

“Sehingga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga dan kelancaran distribusi tetap terjaga dengan baik,” ujar Mpute.

Sementara itu Kepala Sub Divisi Regional Perum Bulog Baubau, Ardiansyah mengatakan, pihaknya sebagai BUMN yang mempunyai tugas untuk memastikan ketersedian pasokan bahan pangan di wilayah Baubau, Buton, Buton Tengah dan Buton Selatan. Karena itu pihaknya menganggap Rakor ini sangat penting juga sebagai forum bersilaturahmi bersama jajaran Pemkab Busel.

Ia menjelaskan, untuk saat ini stok beras di Gudang Bulog Baubau masih tersedia 500 ton sehingga sampai dengan empat bulan kedepan masih dapat terpenuhi.

Ardiansyah juga mengungkapkan, bahwa ditingkat desa/kelurahan di Buton Selatan sudah ada mitra-mitra Bulog Rumah Pangan Kita serta beberapa BUMDes yang sudah bermitra dengan pihak Bulog Baubau.

“Kedepan yang perlu ditindak lanjuti adalah pembentukan Toko Pangan Kita sebagai mitra distribusi Bulog ke tingkatan pengecer di wilayah Buton Selatan. Untuk gula dan komoditas lainnya masih menunggu suplai dari pusat serta penguatan kemitraan dengan pihak Kementerian Pertanian,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Pemkab Buton Selatan akan segera mengkosolidasikan pasar –pasar di kecamatan untuk dapat menjadi mitra Bulog sebagai Toko Pangan Kita. Serta akan memperkuat kemitraan BUMDes dengan BULOG Baubau dalam memastikan ketersedian pasokan, keterjangkauan harga, dan kelancaran distribusi yang akan disinerginakan dengan BUMD Buton Selatan.

Rapat TPID akan dilaksanakan setiap triwulan, dan pada situasi tertentu akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan kondisi dan situasi perekonomian yang terjadi di masyarakat. Yang pasti pada akhir Maret akan diadakan pertemuan lanjutan serta pada April 2020 akan dibahas lagi terkait dengan kesiapan menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker