Buton

Rapor OPD Buton Baru Keluar Januari

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton sekarang memiliki 37 organisasi perangkat daerah (OPD). Lima diantaranya baru terbentuk Januari 2017 lalu, yakni Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Transmigrasi, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Kebudayaan, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Pemkab sekarang terus memastikan kinerja kelimanya apakah berjalan sesuai harapan atau tidak. Capaian program serta keselarasan visi pembentukan OPD akan dievaluasi, dan hasilnya direncanakan keluar Januari 2017.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Buton, Ahmad Mulia menjelaskan, ada beberapa item yang akan dievaluasi, diantaranya realisasi anggaran, efektifitas pelayanan, dan pelaksanaan program kerja tepat sasaran sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dinas setelah satu tahun terbentuk.

“Ealuasinya sudah dimulai sekarang. Yang dinilai kinerja selama 2017. Hasilnya akan keluar Januari nanti,” kata Ahmad Mulia ketika dikonfirmasi, kemarin dulu.

Pembentukkan OPD, lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan peran pemerintah dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, kinerja OPD harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sehingga yang dievaluasi bukan hanya OPD baru, melainkan dengan yang lama juga.

Ahmad Mulia masih enggan menyebutkan sanksi bagi OPD yang berkinerja buruk. Dia hanya memastikan pembinaan akan terus dilakukan untuk menciptakan birokrasi yang efektif dan melayani.

“Nanti kami lihat evaluasinya dulu,” tandasnya. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker