Busel

Ribuan Warga Masih Gunakan KTP Buton

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Warga Kabupaten Buton Selatan (Busel) tercatat masih banyak yang belum melakukan pergantian nomenklatur atau kop KTP dari Kabupaten Buton ke Busel. Hal ini menjadi pekerjaan rumah yang belum dituntaskan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Kepala Disdukcapil Busel, Nadir mengaku, total penduduk Busel saat ini tercatat mencapai 94.727 jiwa. Warga wajib KTP-El sebanyak 66.326 jiwa. Namun dari jumlah itu baru 45.255 orang yang telah melakukan perekaman KTP-El. Sisanya masih ada 21.072 jiwa belum melakukan perekaman.

Kata dia, sepanjang tahun 2017 hingga Novembar ini, pihaknya sudah melakukan upaya perekaman dan mensosialisaikan pentingnya memiliki kartu identitas kependudukan. Salah satunya adalah memudahkan masyarakat, sebagai bahan pelengkap persyaratan dalam melakukan pengurusan adminitasi.

“Kita sudah terus melakukan upaya sosialisasi di tiap kecamatan dan desa. Bahkan kita menjemput bola terjun langsung melakukan perekaman. Tapi masih ada warga yang masih merantau,” ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ia mengakui masih banyak warga Busel masih menggunakan dengan nomenklatur kop KTP Buton. Hal ini akibat keterbatasan blanko yang ada. Pasalnya, Discapilduk masih memprioritaskan pembuatan perekaman KTP yang masih baru atau warga sama sekali belum melakukan perekaman KTP.

Hanya saja, jika dalam kondisi tertentu pihaknya melakukan pergantian KTP. Jika warga tersebut sangat membutuhkan dan mendesak untuk keperluan pengurusan administrasi, PNS, kepolisian hingga keberangkatan keluar negeri atau daerah.

Nadir juga menjelaskan, blanko KTP-El yang sudah diterima dari pemerintah pusat sebanyak 4000. Sisanya dari jumlah itu 827 blanko belum terpakai hingga November lalu. Artinya, sudah 3173 yang sudah digunakan.

Diantaranya yang diprioritaskan untuk warga yang melakukan perekaman lebih awal sesuai nomor urutan waktu perekaman. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker