Busel

Rp 9 Juta Untuk Diklatsar CPNS Buton Selatan Belum Paten

PUBLIKSATU.COM, BUSEL – Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) CPNS Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara bakal segera dilaksanakan di Kota Kendari selama 52 hari.

Jika tidak ada aral melintang, 17 Maret ini peserta Diklatsar sebanyak 410 orang mulai diberangkatkan. Kendati demikian, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Busel masih menunggu penyesuaian jadwal dari provinsi.

Saat ini Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS di Busel sudah hampir rampung sekitar 97 persen. Dari 410 orang tinggal 10 orang yang masih sementara di proses NIP-nya di BKN Regional Makassar.

Untuk bisa ikut Diklatsar, pihak BKPSDM akan segera membuat SK pengangkatan CPNS.

“Rencananya tanggal 17 Maret tapi nanti menyesuaikan dengan jadwal provinsi. Seandainya ada jadwal tanggal 17 ini kita sudah ikutkan karena sudah ada NIP,” kata Kepala BKPSDM Busel Firman Hamza kepada Publiksatu.com di ruang kerjanya, Jumat (8/3/19).

Lebih lanjut Firman menjelaskan terkait anggaran yang dibebankan kepada CPNS untuk Diklatsar sebesar Rp 9 juta. Kata dia, kebijakan biaya tersebut masih akan disampaikan kepada Sekretaris Daerah maupun Bupati Busel.

Menurutnya sesuai regulasi Undang-undang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11, anggaran Diklatsar merupakan tanggungjawab pemerintah daerah.

“Ini sudah kita berikan informasi kepada CPNS. Nanti kita lihat progresnya yah, sedapat mungkin memberikan pemahaman secara optimal karena ini menjadi kebutuhan. Tentu daerah juga berkewajiban untuk itu, namun situasi dan kondisi bisa saling memahami. Kebijakan ini akan kami sampaikan kepada pimpinan Sekda dan Bupati,” tukasnya.

“Kalau daerah mempunyai kemampuan daerah itu yang membayarkan. Ini tentu tidak hanya menjadi keputusan atau kebijakan BKD. Menunggu regulasi dari provinsi baru kita umumkan anggaran Diklatsar,” sambungnya.

Firman menambahkan, pelaksanaan Diklatsar ini sudah harus diselesaikan pada Oktober 2019. Jika lewat dari itu, maka akan diambil alih oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). (sim/ps)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker