Seputar Indonesia

Rumah Ketua MUI Sulsel Dilempari Batu oleh Lelaki Gangguan Jiwa

PUBLIKSATU.COM – Rumah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) KH Sanusi Baco di Jalan Kelapa III, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, dilempari oleh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Saat ini pelaku sudah diamankan oleh polisi

Kapolsek Rappocini Kompol Edhy Supriyadi menyebut pelemparan terjadi sekitar pukul 11.30 WITA

“Iya, ada kejadian pelemparan rumah. Tidak ada korban, tapi jadi perhatian karena menyangkut nama besar tokoh masyarakat di Sulsel,” jelas Edhy.

Tak butuh waktu lama, setelah menerima laporan dan melakukan pengembangan, pelaku langsung tertangkap. Pelaku bernama Gagah, warga setempat.

“Setelah ditangkap, ternyata pelakunya mantan pasien rumah sakit jiwa yang baru dua minggu keluar. Ada keterangan dokter dan surat dari rumah sakit,” ungkap Edhy.

Pelaku melempar rumah tokoh agama Sulsel itu saat sepi. “Pelaku dua kali melempari rumah dengan batu sebelum pergi. Dua kaca jendela rumah pecah,” tambahnya..

Penyidik saat ini, belum bisa mengungkap motif pelemparan rumah. Sebab keterangan pelaku saat diinterogasi tidak logis. Beberapa kali pelaku mengaku punya dendam lama, namun penyidik menyimpulkan aksi itu dilatarbelakangi pelaku yang kurang waras.

“Katanya persoalan 25 tahun lalu, waktu zaman Soeharto. Kemungkinan dia masih ada gangguan jiwa, karena di depan penyidik bicaranya tidak jelas,” terangnya.

Penyidik tidak bisa memproses hukum pelaku yang mengalami gangguan jiwa. Sebagai jalan keluar, pihaknya menawarkan agar kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan.

“Masih menunggu jaminan pihak keluarga pelaku agar dia bisa dikembalikan dan dirawat. Kami juga mengantisipasi pelaku berkeliaran dan kembali membuat onar,” pungkasnya.

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker