Muna

Rusman Sebut Rajiun Tipe Pemimpin Emosional

PUBLIKSATU.COM, MUNA – Pernyataan Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada yang menyebut Pemkab Muna pembohong hanya karena undangan perayaan HUT Muna ke-60 di Media Sosial (Medsos) Facebook (FB) mendapat reaksi dari Bupati Muna, LM Rusman Emba.

Kata Rusman, pernyataan itu seharusnya tidak dikeluarkan oleh pejabat setingkat bupati. Hal itu tentunya merupakan cerminan karakter pimpinan yang emosional. “Itu sama saja dengan pemimpin emosional yang tidak bisa membedakan tutur kata yang baik dan bijak,” sebutnya.

Bicara tiba tidaknya undangan untuk menghadiri HUT Muna, menurut Rusman hanya persoalan tehnis. Buton Tengah (Buteng) saja yang jaraknya jauh bisa sampai dan ikut memeriahkan HUT Muna. Lantas, Pemkab Muna disebut pembohong dari segi mana. Kalau dari tiba tidaknya undangan, ia pikir sama sekali bukan hal yang disengaja.

“Yang bisa dikatakan pembohong itu adalah orang yang membuat kegiatan di Muna lantas suka mencatut nama tokoh masyarakat,” cibirnya.

Rusman mengingatkan Rajiun untuk kerap bercermin dan mengintrospeksi diri sehingga kondusifitas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kemudian, pernyataan-pernyataan seperti itu tidak diumbar kembali di muka publik apalagi hingga menimpa masyarakat. “Jangan saling mendikte dan menyalahkan hanya karena ada kepentingan. Segeralah lakukan tobat nasuha!” pesanya.

Sebagai kepala daerah, Rusman tahu persis bagaimana cara bertutur kata yang baik. Pasalnya, tugas kepala daerah itu adalah memberikan pencerahan pada masyarakat. “Bukan untuk menciptakan kalimat profokatif. Kita bicara yang rasional saja, jangan selalu terbawa emosi,” tukasnya. (cr1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker