Buteng

Samahuddin Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2017

BUTONPOS.COM, SOLO – Untuk pertama kalinya, Kabupaten Buton Tengah (Buteng) sebagai Daerah Otonom Baru (DOB) menerima penghargaan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tingkat nasional tahun 2017 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Buteng H Samahuddin dari Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoli, pada peringatan Hak Asasi Manusia se Dunia ke-69 tahun 2017 di The Sunnah Hotel Srakarta, Minggu (10/12).

Kabupaten Buteng meraih penghargaan tersebut bersama 10 daerah lainnya di Sultra, yakni Kota Kendari, Kota Baubau, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kolaka, Konawe Kepulauan, Buton, Buton Utara (Butur), Wakatobi, dan Buton Selatan (Busel).

Bupati Buteng H Samahuddin mengaku berbangga dan bersyukur di awal pemerintahannya mendapatkan penghargaan perdana sebagai Kabupaten Peduli HAM tingkat nasional. Baginya, penghargaan ini menjadi motivasi pribadinya maupun pemerintah dan masyarakat Buteng untuk bekerja lebih baik lagi.

“Alhamdulillah, hari ini kita mendapatkan penghargaan perdana sebagai kabupaten baru di bidang hak asasi manusia bersama daerah-daerah lainnya di Sultra dan Indonesia. Tentu, sebagai kabupaten baru kita patut berbangga dan bersyukur mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM ini,” ungkapnya saat dihubungi via telepon selullernya usai menerima penghargaan.

Orang nomor satu di kabupaten Buteng ini berharap, tahun-tahun mendatang bukan hanya penghargaan Kabupaten Peduli HAM saja yang didapatkan Kabupaten Buteng, tetapi berbagai penghargaan di bidang lainnya.

Apakah termasuk penghargaan pribadi juga? Samahuddin hanya tertawa dibalik telepon. “Saya niatnya hanya semata-mata bekerja ikhlas, jujur, dan tanpa pamrih untuk masyarakat Buton Tengah. Kalau pun dihargai ya syukur alhamdulillah,” tukasnya.

Namun demikian, semua capaian itu seperti penghargaan Kabupaten Peduli HAM ini tidak terlepas dari peran semua pihak, termasuk masyarakat Buteng sendiri yang senantiasa menjaga nilai-nilai hak kemanusiaan dalam bermasyarakat.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah menucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya masyarakat Buton Tengah atas penghargaan Peduli HAM ini. Mari bersama-sama kita tingkatkan lagi capaian kerja dari berbagai aspek yang menjadi penilaian dari Kemenkumham di Buton Tengah,” himbaunya.

Kabag Hukum Setda Buteng Akhmad Sabir SH menambahkan, ada beberapa aspek penilaian dari Kemenkumham sehingga Kabupaten Buteng memenuhi persyaratan mendapatkan penghargaan Kabupaten Peduli HAM bersama 318 kabupaten/kota lainnya di Indonesia tahun ini.

“Ada tujuh bidang yang dinilai, yaitu hak atas pendidikan, pekerjaan, perempuan dan anak, kesehatan, kependudukan, perumahan, dan lingkungan berkelanjutan. Alhamdulillah, kita mendapatkan nilai 90 dan masih kurang dari bidang hak atas pekerjaan,” bebernya.

Menurutnya, sebagai kabupaten baru kekurangan tersebut masih dalam batas yang wajar, karena seiring dengan waktu Pemkab Buteng akan terus berupaya meningkatkan capaian yang lebih baik lagi pada bidang hak atas pekerjaan tersebut. (uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker