Sultra

Sambangi Kemensos RI, Serahkan Verifikasi Data Pengungsi

Kemensos RI Minta Semua Lembaga Melebur di KKBB-M Sultra

PUBLIKSATU.COM, JAKARTA – Kerukunan Keluarga Besar Buton-Maluku Sulawesi Tenggara (KKBB-M Sultra) mendatangi dan menyerahkan langsung berupa verifikasi data Eks Maluku dan Maluku Utara kepada Direktur PSKBS Kementrian Sosial yang berdomisili di Sultra sebanyak 7.326 KK di 13 Kabupaten/Kota se-Sultra. Terhitung sejak Jumat (11/10) yang bertempat di Kemensos RI.

“Kemarin pada tanggal 11 Oktober kami menyerahkan sebanyak 7.326 KK data pengungsi Eks Pengungsi Maluku dan Maluku Utara di Kementerian Sosial Republik Indonesia. Dimana dari data sebanyak 7.326 KK tersebut adalah hasil pendataan di 13 Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Tenggara,” ungkap La Ode Darmawan SH.

Ketua Kerukunan Keluarga Besar Buton Maluku Sultra (KKBB-M Sultra), LD Darmawan SH mengatakan data yang dibawah pada tanggal 11 Oktober merupakan data masyarakat Eks Maluku dan Maluku Utara sesuai dengan permintaan Kementerian Sosial Republik Indonesia beberapa waktu lalu. Dimana ini merupakan tanggungjawab KKBB-M Sultra dalam melakukan pendataan dilapangan sesuai dengan petunjuk Kementerian Sosial RI.

“Untuk Dana Pengungsi Eks Maluku dan Maluku Utara sudah tidak ada dan yang ada hanyalah gugatan yang diperkarakan melalui Makhamah Agung. Sehingga setelah menang perkara, pihak Kementerian Sosial RI menunjuk kami untuk melakukan pendataan masyarakat Eks Maluku dan Maluku Utara yang ada di Sulawesi Tenggara,” jelas Darmawan.

Sambungnya, penyerahan data by name by adreass tersebut disambut baik pihak Kementerian Sosial RI untuk selanjutnya akan diserahkan ke DUKCAPIL Kemendagri serta selanjutnya akan di Verifikasi.

“Penyampaian dari Kementrian Sosial RI pada saat kami di Jakarta untuk seluruh eks masyarakat pengungsi Maluku dan Maluku Utara harus tergabung dan melebur dalam KKBB-M sebagai wadah pengungsi yang memiliki legal standing di Provinsi Sulawesi Tenggara berdasarkan SKT kesbangpol Sultra. Juga Kementerian Sosial RI menyampaikan kepada seluruh masyarakat eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara yang ada di Sulawesi Tenggara agar tetap bersabar dan menunggu infomasi selanajutnya dari pihak Kementrian PMK dan Sosial terkait dengan pembagian dana BBR berdasarkan hasil putusan Makhamah Agung (MA),” pungkasnya. (m1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker