Sultra

SDM Kades di Konkep Ditingkatkan

BUTONPOS.COM, LANGARA – Yayasan Bina Insani Indonesia melakukan kegiatan peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) aparat desa, khususnya mengenai metode penyusunan Rancangan Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan pengelolaan keuagan desa.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan para Kades, dalam merumuskan program strategis pembangunan desa dimasa mendatang agar lebih baik.

Demikian dikatakan Pengurus Yayasan Bina Insani Kabupaten Konkep, Suspito, ketika memaparkan visi misi tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut yang berlangsung di aula Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Konkep, kemarin.

Dalam pelaksanaan kegiatan itu, Yayasan Bina Insani bekerjasama dengan pihak Tenaga Ahli Desa Bidang Pelayanan Dasar Kabupaten Konkep, Asmin.

“Diharapkan dengan kegiatan tersebut para Kades kedepan dapat memiliki perencanaan kegiatan program yang baik, serta memahami sasaran penggunaan dana desa secara maksimal untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Suspito.

Sementara itu, Tenaga Ahli Desa Bidang Pelayanan Dasar, Asmin mengatakan penyusunan RPJMDes tersebut sangat penting untuk memudahkan arah pelaksanaan pembangunan desa ke depan.

Dikatakan, tanpa RPJMDes yang baik, sasaran pembangunan yang diharapkan pun tidak dapat berjalan secara terarah dan terencana.

“RPJMDes itu penting untuk menentukan sasaran dan arah pembangunan desa ke depan. Karena tanpa perencanaan yang baik pembangunan tersebut tidak dapat berjalan lebih terarah. Karena itu tentunya perencanaan yang matang sangat diperlukan,” jelas Asmin.

Asmin berharap ke depan para Kades dapat mengaplikasikan janji politiknya kepada masyarakat, serta mampu menjabarkan program pembangunan desa yang berbasis potensi keunggulan desa, demi terwujudnya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pedesaan yang lebih baik.

Kegiatan peningkatan kapasitas aparat desa tersebut dihadiri para Kades se-Kecamatan Wawonii Barat dan Wawonii Tengah.(p4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker