Muna

Sehari, RSDC Terbitkan 50 Sertifikat Mengemudi

BUTONPOS.COM, MUNA – Antusias masyarakat Muna untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sangat tinggi. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mengurus dan mengambil sertifikat di lembaga kursus mengemudi Raha Savety Driving Center (RSDC).

La Ode Agus, Manager RSDC mengatakan, dalam sehari lembaganya mengeluarkan sedikitnya 50 lembar sertifikat mengemudi bagi para pemohon SIM. Sertifikat tersebut menjadi syarat utama untuk mengurus SIM di Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Muna.

“Antusias masyarakat sangat tinggi. Lembaga kami baru buka sekitar seminggu. Rata-rata sehari sertifikat yang kami terbitkan sekitar 50 lembar,” katanya.

Lembaga kursus mengemudi yang dikelolanya legal. Dimana, mereka berkerja sama dengan Dir Lantas Polda Sultra. “Kalau di Kendari pusatnya di SSDC di MTQ,” sebutnya.

Sertifikat mengemudi tidak serta merta dikeluarkan. Ada serangkaian tes yang harus dilalui pemohon. Bagi yang telah pandai berkendara, pihak RSDC mengajarkan etika berlalulintas yang benar. Sementara bagi mereka yang belum pandai, diajarkan mengemudi. “Kita siapkan armada dan instruktur yang telah memiliki sertifikat,” ungkapnya.

Sementara itu, LM Ryfains, Sekretaris RSDC secara teknis menerangkan, karena RSDC baru ada di Muna, maka pihaknya telah bekerja sama dengan Satlantas Polres Muna untuk melaksanakan sosialisasi di sekolah-sekolah serta tempat-tempat umum lainnya.

“Selama ini bagi pemohon SIM, untuk mendapatkan sertifikat mengemudi harus melalui Kendari, makanya kita akan sosialisasikan bahwa lembaga kursus mengemudi telah ada di Muna. Lokasinya di SOR La Ode Pandu,” ujarnya.

Biaya sertifvikat yang mereka keluarkan tidak terlalu besar. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi pengahasilan masyarakat. Untuk sertifikat mengemudi motor biayanya sebesar Rp 150 ribu dan mobil Rp 190 ribu. “Kita utamakan pelayanan dan mempermudah masyarakat,” tandasnya. (cr1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker