Busel

Sekab Busel Dilantik

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Jika tidak ada arang melintang, hari ini (28/12) Sekretaris Kabupaten Buton Selatan (Sekab Busel) defentif dilantik. Bersama Sekab dilantik juga empat pejabat pimpinan tinggi pratama kepala organisasi perangkat daerah (OPD) hasil seleksi terbuka belum lama ini.

Pelantikan ini berdasarkan persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) nomor R-3182/KASN/12/2017, tertanggal 18 Desember 2017 tentang Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Linkup Busel.

Seleksi terbuka tujuh jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama di lingkup Busel, yakni sekretaris daerah, kepala Dinas Pertanian, kepala Dinas Perhubungan, kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Kepala Badan penelitian dan Pengembangan, dan kepala Badan Keuangan Daerah.

Dari sejumlah jabatan di Busel itu, sebelumnya telah dilakukan seleksi terbuka. Sebanyak enam orang yang mengikuti seleksi terbuka Sekda. Kemudian 40 orang yang mengikuti seleksi untuk enam jabatan OPD yang masih kosong.

Setelah dilakukan seleksi, hasilnya Sekda terpilh dan akan dilantik hari ini, yakni Drs La Siambo.

Sementara pimpinan OPD yang terpilih, Kepala Dinas Pertanian akan dilantik La Haruna SP MSi. Sebelumnya Haruna menjabat Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pemkot Baubau. Kemudian Kadis Perhubungan akan dilantik Erick Octora Hibali SSOS MSi, yang sebelumnya Staf Dinas Perhubungan Busel.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang akan dilantik La Ode Muhammad Idris SP MM, yang sebelumnya menjabat Sekdin Kelautan dan Perikanan Buton.

Berikutnya Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Mukmin SPd sebelumnya Staf Bagian Ekonomi Setda Busel.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan akan dilantik Drs La Makiki MPd, sebelunya Sekdin Tenaga Kerja dan Transmigrasi Busel. Kepala Badan Keuangan Daerah Drs La Ganefo MH sebelumnya Kabag Hukum Setda Busel.

Terkait pelantikan sejumlah pejabat itu dibenarkan Kepala Badan Pengembangan Kepegawaian dan SDM Busel La Amiri. Amiri enggan menjelaskan secara teknis dan detail tahapan dan proses pelantikan. Namun dia pastikan rencananya pelantikan akan digelar hari ini.

“Undangan sudah disebar, tapi saya belum bisa pastikan waktunya kapan jam berapa besok pelantikanya (hari ini red). Begitupun SK dan nama-namanya nanti pelantikan besok kepastianya baru kita tahu,” ujarnya ketika dikonfirmasi Buton Pos melalui telepon selulernya, kemarin sore.

Ia juga belum bisa berspekulasi terkait nama-nama tiga besar yang diusulkan memiliki nilai tertinggi. Tapi pastinya dijadwalkan hari ini hasil seleksi terbuka untuk tujuh jabatan eselon II akan dilantik yakni Sekda defenitif dan enam jabatan SKPD yang kosong.

Sementara itu, calon Sekab Busel Drs La Siambo mengaku belum mendapat undangan pelantikan tersebut. “Belum diumumkan, tapi mungkin besok baru diumumkan satu kali saat pelantikan. Saya juga hingga sekitar pukul 17.00 Wita belum mendapatkan undangan pelantikan yang dijadwalkan, Kamis (28/12),” ujar La Siambo ketika dikonfirmasi Buton Pos, Rabu (27/12) petang.

Kendati begitu jika terpilih dan dilantik sebagai Sekab Busel defenitif, La Siambo mengaku memastikan akan fokus kerja membantu mensukseskan menyelenggaran roda pemerintahan Bupati dan Wabub Agus Feisal Hidayat-H La Ode Arusani. Mensukseskan program kerja pemerintahan Agusani Busel beradat.

Ia menjelaskan langkah awal yang akan dikerjakan adalah penertibkan dan peningkatan masalah disiplin ASN dan pengembangan SDM ASN Busel. Kata dia, Busel masih kekurangan pegawai ASN dan belum banyak yang mengikuti pendidikan baik itu Adum-PIN III ataupun PIN II.

Karena itu kedepan pihaknya akan menyarankan kepada pimpinan untuk pengembangan ASN direkomendasikan mengikuti PIN III atau II. Apalagi Busel ini daerah yang baru mekar. Sekalipun ASN pegawai lama tapi daerahnya masih DOB.

Lanjut dia, untuk penekanan pengelolaan keuangan, pihaknya tetap menjunjung tinggi berpedoman kepada peraturan perundang-undangan. Karena memang tiap tahun ada perubahan aturan. Utamanya pegawai dikeuangan itu perlu ada pelatihan sehingga ada perbaikan dan peningkatan kualitas apalagi diera digital tiap waktu berubah dan semakin maju.

“Karena laporan pertanggungjawaban Busel tahun ini masih WDP. Sementara daerah lain sebagian sudah WTP bahkan sudah ada yang hingga lima kali pada predikat WTP. Karena itu kedepan ini menjadi salah satu target perbaikan dan peningkatan lagi bagaimana kedepan itu bisa menjadi WTP,” katanya.

“Tapi pada prinsipnya dasar pijakanya adalah pada pengembangan SDM ASN tadi. Itu yang perlu terus digenjot dan ditingkatkan dan koordinasi antara lini sektor terus ditingkatkan,” sambungnya.

Kata dia, WDP yang diraih Busel saat ini hanya masalah catatan persoalan aset saja. Busel ini masih ada aset yang belum tercatat di daerah. Seperti kendaraan dinas tidak tertib. Ketika Kadisnya pindah tugas terkadang dibawa ikut juga dengan kendaraan dinasnya. “Seharusnya tidak. Saya kira itu menjadi target perbaikan dan peningkatan kedepan,” katanya.

Pada prinsipnya ia menargetkan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan, tertib administrasi, taat perundang-undangan dan pengembangan SDM. Itu yang menjadi salah satu target dan fokus percepatan peningkatan yang akan digenjot.

Ia berharap seluruh ASN lingkup Busel diseluruh instansi maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus kompak. Tiap persoalan harus dikomunikasikan. Suatu keberhasilan daerah itu terukur dari proses yang dilalui salah satunya adalah kekompakan semua pihak kshusunya ASN.

“Sekda ini kekompakan dari SKPD. Karena Sekda ini adalah koordinator dari seluruh SKPD. Kalau saling kerja sama yang baik roda pemerintahan berjalan baik menjalankan dan mewujudkan visi dan misi Bupati Busel, saya kira apapun yang dilaksanakan bisa laknasakan sesuai yang kita rencanakan kalau kita kompak,” tutupnya. (aga)

* Berikut Pejabat yang Dilantik:

– Drs La Siambo (Sekretaris Kabupaten)
– La Haruna SP MSi (Kadis Pertanian)
– Erick Octora Hibali SSOS MSi (Kadis Perhubungan)
– La Ode Muhammad Idris SP MM (Kadis PU dan Penataan Ruang)
– Mukmin SPd (Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah)
– Drs La Makiki MPd (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan)
– Drs La Ganefo MH (Kepala Badan Keuangan Daerah)

** Data dihimpun media ini

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker