Muna

SKPD Mubar Belajar Buat SOP Pelayanan Publik

BUTONPOS.COM, MUBAR – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) diajar membuat produk standar pelayanan publik. Materi tersebut diberikan pada saat bimbingan teknik (Bimtek) Standar Operasional Prosedur (SOP) yang digelar Kamis (14/12).

Seluruh SKPD termasuk camat, hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka dibentuk perkelompok kerja. Pembuatan SOP ini diawasi langsung Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani dan Kasubag Biro Organisasi Pemprov Sultra, Drs Muhammad Saing.

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Kabag Ortala) Mubar, Rasidin mengatakan, diskusi cara pembuatan SOP ini dilakukan agar tiap-tiap SKPD bisa menghasilkan pembelajaran baru. Diharapkan ada produk yang dihasilkan, sebagai bahan untuk pembuatan SOP selanjutnya.

“Jadi pasca ini masing-masing SKPD menyetor satu SOP sebagai bahan evaluasi. Kemampuan tiap SKPD ini akan diuji sejauh mana tingkat pemahaman mereka dalam penyusunan SOP tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak hanya sampai disitu. Kedepan akan ada konsultasi klinis, artinya setiap SKPD akan dibuka asistensi masalah SOP ini. Jadi ada evaluasi kinerja dari tiap-tiap SKPD. Dan itu yang lakukan pimpinan daerah dalam hal ini, bupati dan wakil bupati atau sekretaris daerah (Sekda).

“Kami inginkan kedepan tidak ada lagi SKPD yang tidak memiliki SOP atau gagal paham dalam penyusunan standar pelayanan publik. Kami akan akan turun ditiap-tiap intansi untuk melihat SKPD mana yang belum memiliki SOP. Hasinya kita akan laporkan pada pimpinan,” ujarnya.

Ada sanksi bagi SKPD yang tidak produk tersebut. Nanti bupati sendiri yang tentukan. Karena jika tidak memiliki SOP, berarti intansi yang bersangkutan tidak memiliki fungsi atau Tupoksi yang jelas. Sebuah intansi pemerintahan harus mempunyai alur kerja yang jelas.

“Ini perintah undang-undang. Dan dipastikan bupati akan mengecek setiap SKPD, apakah mereka itu sudah ada SOP atau belum. Jika tidak, tentu ada sanksi. Model sanksinya itu tergantung pimpinan,” tukas Rasidin. (p5)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker