Buteng

SMP di Buteng Siap Pakai Nama Kabupaten

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Nama SMP Negeri di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang semula menggunakan nama kecamatan masing-masing bakal di rubah pada semester mendatang. Saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat telah melakukan penomoran dan perubahan nama sekolah memakai kata Buton Tengah.

Perubahan nomenklatur nama dan penomoran sekolah ini disebabkan Buteng telah menjadi sebuah kabupaten baru, mekar dari induknya Kabupaten Buton. Sehingga SMP maupun SMA diharuskan menggunakan nama kabupaten, sementara tingkatan SD menggunakan nama kecamatan.

“SMP Negeri di Kabupaten Buteng ini ada 34 sekolah dan masing-masing akan dilakukan penomoron yang diurut dari awal tahun didirikan. SMP apa yang paling lama berdirinya akan menjadi SMPN 1 Buteng dan yang belum lama berdiri menjadi SMPN 34 Buteng,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar, Disdikbud Kabupaten Buteng Nafi’u SPd MPd, ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/12).

Dari 34 SMP tersebut, kata dia, yang paling tua adalah SMPN 1 Gu di Lombe karena didirikan sejak 1966 silam. Sehingga sekolah tersebut didaulat menjadi SMPN 1 Buteng. Sementara paling buntut adalah SMP di Mawasangka dengan nama SMP Satap Negeri 34 Buteng.

“Kalau SD menggunakan nama kecamatan masing-masing dan nomor urutnya tinggal disesuaikan dengan tahun pendiriannya saja,” bebernya.

Untuk pemberlakukan nomenklatur baru ini, SD dan SMP di Buteng tinggal menunggu surat resmi dari Disdikbud. Saat ini sekolah-sekolah masih melaksanakan ulangan semester dan penerimaan lapor nanti masih tetap menggunakan nama lama. Namun semester depan, sudah memakai nama baru.

“Semester depan SD dan SMP sudah bisa menggunakan nomenklatur baru. Kop surat dan stempel sudah harus diganti sesuai dengan nama dan nomor sekolahnya yang baru,” pungkas Nafi’u. (uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker