Baubau

Sudah di Tangan Presiden, Pekan Depan Sultan Himayatudin Bakal Diberi Gelar Pahlawan Nasional

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Jika tak ada halangan, tidak lama lagi Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa yi Koo) bakal menyandang gelar Pahlawan Nasional.

Hal ini disampaikan oleh Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Pengusulan Sultan Himayatuddin, Dinna Dayana La Ode Malim.

“Sudah di Presiden, tinggal menunggu penetapan satu dua hari ini, mungkin minggu depan,” ungkap Dinna Dayana.

Sebelumnya seperti dilansir media ini, Tim Kemensos melakukan verifikasi langsung ke lapangan, Selasa (30/7/2019). Mereka mengecek sejumlah lokasi seperti benteng pertahanan, riwayat perjuangan, makam, sekolah dan jalan yang dipersiapkan sebagai penanda kepahlawanan Sultan Himayatuddin.

“Semua kriteria sudah dipenuhi Sultan Himayatuddin,” ujar Kasubdit Penghargaan dan Tunjangan Keluarga Pahlawan Perintis Kemerdekaan Kemensos, Afni saat dikonfirmasi usai rapat di aula Palagimata, kemarin.

Kriteria itu, urai dia, merupakan syarat umum dan syarat khusus calon pahlawan nasional. Syarat umum antara lain warga negara Indonesia, berkelakuan baik, berintegritas, suri tauladan dan setia pada pemerintah.

“Kalau syarat khusus yang diutamakan adalah dia pernah memimpin perjuangan, pantang menyerah dan menghasilkan karya bermanfaat bagi masyarakat,” ulasnya.

Menurut dia, penetapan Sultan Himayatuddin sebagai pahlawan nasional sisa melalui satu tahap lagi. Setelah verifikasi lapangan, selanjutnya Menteri Sosial melalui Dewan Gelar bersurat ke Presiden.

“Setelah itu Dewan Gelar bersidang lagi. Baru kemudian diusulkan ke Presiden. Kalau disetujui menjadi pahlawan, maka diumumkan sebelum Hari Pahlawan 10 November 2019 oleh Presiden,” jelasnya.

Sebagai tambahan, Himayatuddin dikenal pernah menjabat Sultan Buton ke-XX (1750-1752) dan ke-XXIII (1760-1760) yang wafat 1776. Sultan Himayatuddin diceritakan sebagai pemimpin yang gigih menghadapi penjajah Belanda pada masa itu. (PS/sim)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker