Bombana

Tafdil Ajak Dewan Awasi Program Gembira

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Bupati Bombana, H Tafdil mengajak anggota DPRD Bombana untuk sama-sama mengawasi langsung proses pelaksanaan program Gembira di daerah teritorialnya. Pasalnya, ia tidak ingin program yang 90 persen anggarannya diperuntukan bagi warga miskin itu, disalah gunakan oleh oknum-oknum tertentu sehingga tidak tepat sasaran.

“Program ini harus benar-benar diterima oleh warga miskin kita. Makanya saya mengajak semua eleman masyarakat termasuk para anggota dewan untuk sama-sama mengawasi program Gembira ini di lapangan. Ini salah satu program mulia, sebab peruntukannya dikhususkan untuk peningkatan taraf hidup bagi warga miskin Bombana,” kata Tafdil.

Bahkan dari segi agama, kata Tafdil, menolong warga miskin itu adalah ibadah yang bisa mengantar manusia menuju keselamatan dunia dan akhirat. “Biasanya, doa warga kurang mampu itu, lekas dijaba. Saya punya prinsip satu. Menurut Baginda Rasulullah Muhammad SAW bahwa kalau kita selalu berada diantara dua telapak doa warga miskin, insya Allah kita akan aman untuk urusan dunia dan Insya Allah untuk akhirat kelak,” ucapnya.

Diketahui, pemerntahan Tafdil-Johan siap menggelontorkan anggaran APBD 2018 senilai Rp 152 miliar yang diperuntukan bagi warga miskin. Tafdil sudah memetakan dengan menyiapkan 7 program unggulan yang disebut program Gerakan Membangun Dengan Ridho Allah (Gembira).

Program tersebut mencakup Gembira Terang atau bantuan listrik gratis untuk 500 unit bagi warga miskin. Selanjutnya Gembira Cerdas atau pemberin bantuan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa yang orang tuanya tergolong kurang mampu. Bantuan ini akan diberikan tiap semester sebesar Rp 3 juta untuk 500 mahasiswa.

Lalu Gembira Sehat atau pemberian jaminan asuransi kesehatan bagi warga miskin sebanyak 28.331 orang. Kemudian Gembira Kerja atau pemberian asuransi khusus bagi pekerja dengan risiko tinggi, seperti nelayan, buruh petani, tukang ojek serta pekerja lain yang rentan akan keselamatan saat kerja.

Selanjutnya Gembira Taskin atau pemberian jaminan hidup bagi warga miskin berupa bantuan rumah layak huni, pemberian modal usaha, bantuan layanan hukum, ganti rugi bila diterpa bencana hingga santunan kematian.

Sementara Gembira Sejahtera berupa pembangunan sarana dan prasarana untuk peningkatan hasil usaha atau produksi.

Pemerintahan Tafdil-Johan juga siap menggelontorkan anggaran khusus tiap tahun kepada pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan. Anggaran yang bersumber dari APBD itu cukup fantastik. Untuk desa dan kelurahan tiap tahun akan dialokasikan sebesar Rp 500 juta. Sementar kecamatan dikucurkan sebanyak Rp 1,5 miliar. Program itu disebut Gembira Desa, Gembira Kelurahan dan Gembira Kecamatan. (dar)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker