Bombana

Tafdil dan Johan Salim Doakan Penggagas Kabupaten

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Bupati Bombana, H Tafdil dan Wakilnya, Johan Salim mendoakan para penggagas terbentuknya Kabupaten Bombana. Doa dihaturkan saat upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Bombana, 18 Desember yang dipusatkan di wilayah Boepinang, Kecamatan Poleang.

Dengan mengenakan pakaian suku asli Bombana (Moronene), Tafdil bahkan menempatkan doanya itu, diawal sambutan.

“Yang saya hormati, saya muliakan, para penggagas atau perintis pemekaran Kabupaten Bombana. Saya mengajak kepada kita semua untuk melafadzkan Alfatiha kepada semua tokoh-tokoh pemekaran Bombana yang sudah mendahului kita. Sementara bagi yang masih hidup agar senantiasa diberi umur panjang, kesehatan serta kesuksesan. Bagi pejuang yang sudah mendahului kita, semoga arwahnya mendapat tempat yang terbaik, Bilahi Mustafa, Alfatiha,” ucap Tafdil sebagai kalimat pembuka pidato, sembari menudukan kepala berdoa.

Bupati dua periode itu mengatakan, Bombana mesti bangga dan patut mengapresiasi setinggi-tingginya, kepada semua pihak yang sudah berjuang demi terbentuknya kabupaten. Alhamdulilah, berkat perjuangan serta Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Bombana akhirnya terbentuk berdasarkan undang-undang nomor 29 tahun 2003 atau saat ini genap berusia 14 tahun yang selalu diperingati setiap tanggal 18 Desember.

Diusia yang sudah belia itu, Kabupaten Bombana akan terus berupaya mendesain atau merancang pembangunan untuk masa depan yang lebih baik. Pembangunan tersebut kata Tafdil, tetap berlandaskan realita dan dinamika kekinian, serta tidak melupakan nilai-nilai peristiwa atau sejarah dimasa lalu.

“Sebagai warga Bombana, kita jadikan hari kelahiran ini sebagai motivasi atau inspirasi, untuk guna mengenang perjuangan para perintis . Kehidupan pembangunan daerah ini harus diisi dengan karya dan prestasi,” paparnya.

Upacara HUT Bombana Ke XIV itu diperingati di lapangan Kastarib Poleang. Pemerintahan Tafdil selalu menggilir lokasi peringatan hari jadi kabupaten di tiga wilayah pembentuk Bombana. Yakni Rumbia, Kabaena dan Poleang. Menariknya, peringatan kali ini semua unsur Muspida yang hadir diantaranya, Kapolres Bombana, AKBP Andi syafruddin, Kajari Bombana, Baharuddin

Hadir pula Sekretaris Kabupaten (Sekab) Bombana, Burhanuddi HS Noy, Ibu PKK binaan Andi nirwana Tafdil, pimpinan SKPD, para camat, lurah dan Kades mengenakan pakaian adat Moronene. Ikut hadir tamu undangan dari luar kabupaten, hingga sejumlah tokoh adat, para pemuka agama hingga tokoh pemekaran.

Di hari jadi itu, ikut dirangkaikan pula acara lomba masakan antar kecamatan yang disaji di tepi pelataran upacara. Atraksi marcing band, napak tilas terbentuknya Bombana, hingga pembacaan para juara lomba dalam aneka perlombaan memperingati HUT. Sementara malam ramah tamah, Poleang dihibur artis cantik, Sitti Badria bersama artis lainnya. (dar)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker