Bombana

Tafdil Gagas Pembangunan Rumah Adat

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Bupati Bombana, H Tafdil mewacanakan pembangunan rumah adat Moronene yang original. Lokasi rumah adat etnis tertua di Kabupaten Bombana itu bakal dipusatkan di Kelurahan Tabonto, Kecamatan Rarowatu.

Sebelum mewujudkan impiannya itu, Tafdil ingin menggelar sayembara hingga kegiatan seminar. Tujuannya untuk meramu bentuk atau model khas yang benar-benar mewakili atau menggambarkan keaslian sebuah rumah adat etnis Moronene di Kabupaten Bombana.

“Ciri khas rumah adat itu harusnya mencerminkan satu ciri khas, bukan berbeda-beda. Makanya kita seminarkan dulu terkait ini, lalu kita lakukan sayembara. Sebab rumah adat itu, nantinya akan jadi simbol. Dan dimana-mana, ciri khas rumah adat itu hanya satu. Nah, penetapan simbol, bentuk atau wujud yang asli itulah yang kita ramu atau cari tahu saat ini,” tutur Tafdil

Suami Andi Nirwana ini mengatakan ingin membangun rumah adat Moronene sesuai dengan bentuk aslinya ratusan tahun silam. “Itu akan jadi ikon dan akan jadi pengetahuan buat anak cucu kita nanti. Jadi yang kita buat itu bukan yang dibikin biasa ya, tapi yang sudah melewati sebuah kajian ilmiah atau kesepakatan bersama sehingga tidak ada lagi perdebatan terkait bentuk keasliannya itu,” terang Tafdil

Oleh karena itu, bupati dua periode ini mengajak semua praktisi, tokoh budaya dan semua elemen masyarakat yang mempunyai pengetahuan terkait budaya dan rumah asli Moronene, untuk mengikuti sayembara dan seminar.

“2018 kami akan gelar sayembara dan seminar terkait itu. Saya inginkan semua elemen masyarakat mengikuti kegiatan itu. Mari kita sama-sama diskusikan, cari tau, sehingga ada kesepahaman bersama terkait bentuk keaslian rumah adat kita bersama itu,” ajaknya

Tafdil juga akan mengajak tim penilai dari pihak perguruan tinggi, pakar dan tokoh budaya hingga sejumlah tokoh adat untuk sama-sama menilai dan menentukan bentuk dan ciri khas rumah adat Moronene tersebut.

“Sudah kami siapkan anggarannya, dan melekat di instasi Balitbang Bombana. Tahun 2018 sudah kami mulai,” tukasnya. (dar)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker