Bombana

Tafdil: Kades Tidak Perlu Takut Kelola DD

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Bupati Bombana, H Tafdil menyemangati para kepala desa (Kades) di wilayah teritorialnya. Ia memberikan suport agar para Kades tidak perlu takut dalam mengelola dana desa (DD) yang kini pengewasannya melibatkan pihak kepolisian.

“Kades tidak perlu takut dengan diawasinya DD oleh pihak kepolisian. Jika dana itu dikelola dengan baik dan tepat sasaran untuk apa ditakutkan. Hadirnya polisi disini untuk membantu Kades dalam pengelolaan DD,” ungkapnya.

Kendati demikian, Tafdil juga meminta kepada aparat pemerintahan desa agar hati-hati dalam mengelola DD. Ia memerintahkan agar asas transparansi selalu dikedepankan.

“Mengelola dana desa itu harus sesuai ketentuan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi sebisa mungkin terbuka. Jangan ada yang ditutupi. Dengan begitu, kepala desa bisa terhindar fitnah, apalagi harus berurusan dengan hukum,” pintanya, beberapa waktu lalu.

Lanjut dia, pengawasan pengelolaan DD kini telah melibatkan kepolisian dalam hal ini Polres dan Polsek maupun bbayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas). Artinya, pengawasan DD akan semakin ketat sebagaimana instruksi langsung Presiden Joko Widodo.

“Tapi kepala desa jangan khawatir. Kuncinya keterbukaan. Dan ingat, gunakan dana itu untuk kesejahteraan masyarakat,” imbaunya.

Sebelumnya, Pemkab dan Polres Bombana menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengawasan dana desa (DD), Kamis (23/11) di aula kantor bupati Bombana.

Dalam penandatanganan ini dihadiri seluruh Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Kades dan unsur terkait.
Kapolres Bombana, Andi Adnan Syafruddin dalam sambutanya mengatakan, Mou ini menindaklanjuti perintah Menteri dalam negeri, Kapolri, dan Menteri pemberdayaan desa.

“Dimana pada Oktober lalu tepatnya di Mabes Polri MoU ini dilakukan oleh tiga pejabat negara kita. Untuk masyarakat nantinya,” kata Kapolres Bombana.

Dalam momen ini pula, lanjut polisi berpangkat dua bunga emas ini, Kapolri sangat berterimakasih kepada pemerintah atas kepercayaan Polri untuk membantu mensejahterakan rakyat dan memperlancar pembangunan di Indonesia melalui pengawasan dana desa.

“Dengan tersalurnya dana desa dengan baik dan tepat sasaran otomatis pembangunan di Indonesia khususnya di Bombana akan terwujud. Apa bila ini terwujud dan dibantu dengan Bhabinkamtibmas, Polsek, dan pihak kepolisian secara umum polisi berkontribusi dalam pembangunan,” ujarnya.

AKBP Andi Adnan berharap, MoU ini bukan sekedar penandatanganan, tetapi pelaksanaannya sampai di level bawah sehingga ADD di Bombana bisa terawasi dengan baik. (rs)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker