Wakatobi

Tahun Depan 15 Desa Wakatobi Pilkades Serentak

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi baru saja mengagendakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan diikuti sebanyak 15 desa. Jika tidak bergeser, waktu yang ditentukan akhir 2018.

Hal tersebut diutarakan langsung Bupati Wakatobi H. Arhawi SE usai menggelar rapat koordinasi pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di Gedung Darma Wanita Wangiwangi, Selasa (19/12).

Katanya, terkait pemilihan kepala desa di Wakatobi akan dilaksanakan setelah pemilihan kepala daerah (Pemilukada) serentak pada 27 Juni mendatang. “Takutnya kita mengganggu pemilihan kepala daerah di Sultra,” jelas orang nomor satu di Kabupaten Wakatobi itu.

Ia belum menyebutkan dengan pasti kapan waktu pelaksanaannya. Jelasnya langkah itu dinilai efektif untuk para pelaksana tugas agar menyelesaikan massa menjabat sebelum digantikan kepala desa yang definitif. “Supaya tidak simpang siur. Karena kalau belum menyelesaikan tugas, maka pertanggung jawaban anggaran pada 2019 tidak bermasalah,” ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan daftar dokumen Badan Pemberdayaan dan Masyarakat Desa, pemilihan kepala desa di Wakatobi berlangsung tiga gelombang dengan waktu yang berbeda. Gelombang pertama berlangsung tahun 2016 lalu yang diikuti 15 desa. Menyusul gelombang ke dua diikuti sebanyak 15 tahun 2018. Dan tahun 2020 mendatang yang akan diikuti 45 desa. (p10)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker