Buteng

Tata Dapil dan Alokasi Kursi, KPU Buteng Terima Empat Usulan

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) telah menghimpun usulan penentuan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi masing-masing untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2019 nanti.

“Dari hasil rapat kerja bersama Parpol peserta pemilu, Panwas, LSM dan tokoh masyarakat kemarin, ada empat opsi yang ditawarkan. Dua opsi masing-masing empat Dapil dan dua opsi lainnya masing-masing lima Dapil,” ungkap Komisioner KPU Buteng Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, La Ode Nuriadin ditemui di Sekretariat KPUD, Kamis (30/11).

Empat Dapil opsi pertama, Kecamatan Gu dan Sangia Wambulu tujuh kursi, Kecamatan Lakudo lima kursi, Kecamatan Mawasangka, Mawasangka Tengah, dan Mawasangka Timur (Gabung) 10 kursi, dan Kecamatan Talaga Raya tiga kursi.

Empat Dapil opsi kedua, Kecamatan Gu dan Sangia Wambulu tujuh kursi, Kecamatan Lakudo lima kursi, Kecamatan Mawasangka Tengah dan Mawasangka Timur empat kursi, dan Kecamatan Mawasangka dan Talaga Raya sembilan kursi.

Selanjutnya, lima Dapil opsi pertama yakni Kecamatan Gu dan Sangia Wambulu tujuh kursi, Kecamatan Lakudo enam kursi, Kecamatan Mawasangka Tengah dan Mawasangka Timur empat kursi, Kecamatan Mawasangka lima kursi, dan Kecamatan Talaga Raya tiga kursi.

Lima Dapil opsi kedua, Kecamatan Sangia Wambulu dan Lakudo tujuh kursi, Kecamatan Gu enam kursi, Kecamatan Mawasangka Tengah dan Mawasangka Timur empat kursi, Kecamatan Mawasangka lima kursi, dan Kecamatan Talaga Raya tiga kursi.

“Empat opsi Dapil dan alokasi jumlah kursi ini baru sekedar usulan dari dua kali rapat kerja yang sudah kami lakukan, karena kami masih tetap membuka ruang kepada publik untuk menerima usulan dan saran lainnya,” tandas Nuriadin.

Bahkan, KPU Buteng sendiri juga sedang membuat rancangan Dapil dari syarat minimal tiga Dapil untuk kabupaten/kota seperti yang disyaratkan undang-undang. Dimana, dalam satu Dapil itu minimal tiga kursi dan maksimal 12 kursi.

Nuriadin menambahkan, semua usulan opsi dan rancangan yang disiapkan KPU Buteng itu akan dibawa KPU Provinsi Sultra untuk dipresentasikan di KPU RI. Nanti KPU RI yang menetapkan opsi mana yang ideal untuk dipakai Kabupaten Buteng pada Pileg 2019 nanti.

“Sesuai tahapan Pendapilan, penyerahan usulan Dapil kepada KPU RI melalui KPU provinsi dimulai 29 Januari 2018 sampai 4 Februari 2018. Namun sebelum penyerahan, KPU Buteng akan melakukan uji publik terlebih dahulu terhadap usulan Dapil tersebut,” bebernya.

Untuk presentasi Dapil kabupaten/kota oleh KPU provinsi kepada KPU RI dilaksanakan 5 Februari 2018 sampai 21 Maret 2018. Selanjutnya KPU RI melakukan konsultasi kepada DPR RI, kemudian KPU RI akan mentepkan Dapil masing kabupaten/kota paling cepat 22 Maret 2018 dan paling lambat 6 April 2018.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker