Baubau

Terlibat Kampanye, ASN Bisa Dikurung Setengah Tahun

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Dalam menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran Sentra Gabungan Hukum Terpadu (Gakumdu), Wa Ode Frida Vivi Oktavia, mempertegas sebaiknya PNS berpikir dulu jika ingin terlibat dalam Pemilu, terlebih dalam masa kampanye. Pasalnya, jika terbukti terlibat politik praktis pada masa kampanye, maka akan dijerat dengan hukuman penjara paling lama enam bulan atau setengah tahun.

“Sanksi pidananya paling singkat satu bulan paling lama enam bulan,” kata Frida kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (26/12/17).

Ia menjelaskan, hal ini berdasarkan Pasal 188 UU No 10 Tahun 2016 yang berbunyi setiap pejabat negara, pejabat ASN, Kepala Desa atau sebutan lain yang melanggar ketentuan sebagaimana dalam Pasal 71 dipidana dengan pidana penjara paling singkat satu bulan atau paling lama enam bulan, dan juga Pasal 70 dalam kampanye dilarang melibatkan pejabat BUMN, BUMD, ASN, Anggota TNI dan pidananya di Pasal 189 dengan sanksi yang sama.

Bukan hanya itu, para PNS yang terlibat dalam kampanye akan didenda paling sedikit Rp 600 ribu dan paling tinggi Rp 1 juta.

“Dan juga denda paling sedikit enam ratus paling tinggi satu juta,” tutupnya. (po4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker