Buton

Tujuh Warga Buton Diduga Keracunan Daun Kelor

PUBLIKSATU.COM, BUTON – Sebanyak tujuh warga Kelurahan Kombeli, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sultra dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pasarwajo, Rabu (19/6/2019).

Mereka dilarikan dirumah sakit usai mengalami keluhan muntah, mual serta buang air besar semalaman, Selasa (18/6/2019) sekira pukul 22.00 Wita kemarin.

La Binda (50), keluarga korban menduga gejala tersebut disebabkan daun kelor yang dikonsumsi korban.

Ia menceritakan mereka yang tinggal serumah mendapatkan daun kelor tersebut usai berbelanja disalah satu pasar sore yang ada di Pasarwajo.

Usai berbelanja, sekira pukul 20.00 Wita 22.00 mereka makan malam bersama. Usai mengonsumsi hidangan itu, dua jam kemudian mereka mulai muntah dan mual serta buang air besar.

“Jadi jam 8 malam, mereka masak. Jam 9 malam mereka makan, setelah itu. Habis makanannya itu, mereka sudah mual, satu jam dua jam itu mereka baru dikena itu. Mereka mual dengan bera. Jadi sampai tadi pagi itu,” ujarnya.

Mereka menduga, penyebab muntah dan mual itu dikarenakan daun kelor yang dikonsumsinya. Sebab tak ada konsumsi lain selain sayur itu.

Anehnya, kata dia daun kelor tersebut tingkat keawetannya bertahan lama dan tetap kelihatan segar.

Sementara itu, Direktur RSUD Buton, Ramli Code menjelaskan untuk membuktikan pasien keracunanan makanan perlu ada pemeriksaan dari laboratorium.

“Itu diduga, jadi untuk membuktikan itu pasien keracunan makanan, kita tidak bisa buktikan keracunanan makanan sebelum periksa di laboratorium. Kita belum bisa sebut itu keracunanan makanan, sebelum sampel makanannya diambil dan diperiksa di laboratorium,” ujarnya kepada wartawan.

Kendati demikian, kata dia pihaknya telah memberikan perwatan di ruang IGD sesuai dengan keluhan pasien. (Mo1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker